bdadinfo.com

Kalimantan Tengah Juaranya Proyek! Diresmikan 2002 Pembangunan Jembatan Terpanjang Berhasil Bikin Kota Ini Bangga Jadi Ikon Megah? - News

Jembatan Kahayan, Kalteng (Freepik)

- Proyek strategis nasional di Kalimantan Tengah baru sepenuhnya rampung dan berhasil bikin bangga di Provinsi tersebut. 

Pembangunan Jembatan Kahayan ini pertama kali dibangun pada tahun 1995 setelah kurang lebih 6 tahun pada tahun 2001.

Jembatan Kahayan ialah jenis jembatan pelengkung baja di mana sebagian besar struktur jembatan terbuat dari logam baja yang kokoh. 

Baca Juga: Kontraktor Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat Ternyata Jadi yang Paling Banyak Garap Proyek JTTS: Sampai Ratusan Kilometer!

Diketahui proyek ini bermula dari kesulitan akses yang menghubungkan Kota Palangka Raya ke kota-kota kecil di sekitarnya.

Kemudian muncul sebuah usul adanya proyek pembangunan jembatan di atas Sungai Kahayan.

Jembatan Kahayan terletak di Kalimantan Tengah adalah sebuah sarana publik yang membelah Sungai Kahayan. 

Baca Juga: Megah! Sultan Brunei Siap Eksekusi Mega Proyek Kereta Cepat Lintas 3 Negara, Salah Satu Rutenya ke IKN: Mulai Tahun 2024?

Selain panjang jembatan ini capai 640m dan lebar 9 meter dengan bodi jembatan terdiri dari 12 buah bentang.

Zaman Presiden Megawati Soekarno Puteri yang meresmikannya pada tanggal 13 Januari 2002 tepat setahun penyelesaian proyek tersebut.

Jembatan ini pastinya sangat fungsional karena bisa menjadi penghubung antara Kota Palangka Raya dan kota-kota kecil di sekitarnya. 

Baca Juga: Kalimantan Barat Kaya Raya! Ada 721 Titik Lokasi Harta Karun Berupa Emas yang Berlimpah Tersebar di 12 Kabupaten

Saat ini, Jembatan Kahayan juga menjadi spot yang menarik dan sering terdaftar di list paket wisata domestik sebagaimana dikutip dari mmc.kalteng.go.id.

Jembatan sungai Kahayan memiliki banyak manfaat bagi warga Kota Palangka Raya dan sekitarnya dapat hubungkan ke pusat Kota Palangka Raya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat