bdadinfo.com

Bukan Jakarta Ibukota Indonesia, Tapi Kota Imut-imut di Sumatera Barat Ini Pernah Menjadi Ibukota Negara Indonesia yang Sangat Tersohor - News

Soekarno dan Moh Hatta selaku presiden dan wakilnya tengah ditangkap dan diasingkan oleh Belanda ke Bangka. Alhasil untuk kepentingan bangsa, ibukota Indonesia dipindah ke kota kecil di Sumatera Barat.

 - Berdasarkan catatan sejarah kemerdekaan Indoenesia, ternyata ibukota Indonesia pernah berada di Sumatera Barat. Di mana Sumbar menjadi bagian sejarah negeri ini.

Baca Juga: Bye-Bye Sumatera Utara! 5 Kabupaten dan Satu Kota Bersatu Kibarkan Bendera Provinsi Baru yang Beribukota Kota Salak Luasnya 159,28 km2

Dalam catatan sejarah, selain Jakarta dan Yogyakarta, ternyata salah satu kota kecil di Sumatera Barat pernah jadi ibukota Indonesia.

Kota mungil dan sejuk ini dengan luas kurang lebih 25 km2 di Sumatera Barat pernah menjadi ibukota Indonesia menggantikan Yogyakarta.

Baca Juga: Dapur Umum Pemprov Sumbar Beroperasi di Pesisir Selatan, Hari Pertama Masak 400 Bungkus Makanan

Di mana Kota mungil di Sumatera Barat ini punya sejarah yang cukup panjang karena telah lahir sejak 22 Desember 1784.

Ibukota Indonesia pernah berpindah ke Sumatera Barat karena kondisi darurat pasca kemerdekaan Indonesia.

Yogyakarta sebagai ibukota negara pada saat itu diserang oleh tentara Belanda hingga kondisi menjadi darurat.

Baca Juga: Usai Ditinjau Gubernur Sumbar, Seluruh Ruas Jalan Nasional yang Terban di Pesisir Selatan Kembali Bisa Dilalui

Apalagi Soekarno dan Moh Hatta selaku presiden dan wakilnya tengah ditangkap dan diasingkan oleh Belanda ke Bangka.

Alhasil untuk kepentingan bangsa, ibukota Indonesia dipindah ke kota kecil di Sumatera Barat.

Karena presiden dan wakilnya ditangkap sehingga tonggak kepemimpinan sementara diserahkan pada Sjafruddin Prawiranegara.

Pada saat itu Sjafruddin Prawiranegara menjabat sebagai Menteri Kemakmuran Republik Indonesia.

Baca Juga: Harta Karun di Kabupaten Pasaman Barat Dikeruk Habis Mafia! Kronik Aktivitas Tambang Emas Ada Dugaan Petugas Terlibat?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat