bdadinfo.com

Dibangun dari Rampasan Perang Jepang, Konstruksi Jembatan ini Sudah Berdiri Sejak 1962 Jadi Jajaran Terpanjang di Indonesia - News

Jembatan Ampera saat ini  (Palembang.go.id )

- Pembangunan infrastruktur seperti jembatan telah menjadi salah satu upaya penting pemerintah dalam mempermudah akses transportasi antarwilayah.

Salah satu jembatan megah yang membanggakan di Indonesia adalah Jembatan Ampera, yang memiliki sejarah yang kaya dan menarik.

Baca Juga: Belanda Rampas Rp 2,5 Miliar dari Jepang untuk Keruk Hata Karun di Sumatera Barat! Kini Diakui jadi Warisan Dunia yang Mengaggumkan

Dibangun sejak tahun 1962, Jembatan Ampera menghubungkan daerah Seberang Ulu dengan Seberang Ilir, yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Nama "Ampera" sendiri adalah singkatan dari "Amanah Penderitaan Rakyat", yang sebelumnya direncanakan akan dinamai Jembatan Soekarno sebagai penghormatan kepada Presiden pertama Indonesia.

Namun, Presiden Soekarno memilih untuk tidak menggunakan namanya untuk jembatan tersebut, sehingga lahirlah nama "Ampera", yang merupakan singkatan dari slogan bangsa Indonesia saat itu pada tahun 1960.

Baca Juga: Anak Diduga Jadi Korban Kekerasan di Alun-alun Magetan, Ditendang hingga Kemaluan Berdarah, Isa Bajaj: Pipis Nangis Kesakitan!

Jembatan Ampera menjadi salah satu jembatan terpanjang ke-6 di Indonesia, dengan panjang mencapai 1,117 meter dan lebar 22 meter.

Proyek pembangunannya menarik perhatian karena sebagian dana pembangunan berasal dari harta rampasan perang Jepang.

Dana sebesar Rp 2,5 miliar Yen digunakan untuk pembangunan jembatan, yang merupakan bagian dari konsekuensi kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II.

Baca Juga: Prabowo Beli Dua Kapal Perang Fregat dari Italia Rp20 Triliun, Alasannya Buat Jaga Keutuhan Laut Indonesia

Hingga kini, Jembatan Ampera tetap menjadi ikon kota Palembang.

Lampu-lampu yang menyala di sepanjang tiang jembatan memberikan pemandangan yang memukau pada malam hari, menambah keindahan dan daya tarik jembatan yang megah ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat