bdadinfo.com

Belanda Rampas Rp 2,5 Miliar dari Jepang untuk Keruk Hata Karun di Sumatera Barat! Kini Diakui jadi Warisan Dunia yang Mengaggumkan - News

Kota Sawahlunto juga memiliki deretan fakta-fakta unik nan menarik (ptba.co.id)

- Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat, menyimpan salah satu warisan bersejarah yang mengagumkan, salah satunya ialah Tambang Batu Bara Ombilin.

Pada 6 Juli 2019, UNESCO secara resmi menetapkannya sebagai warisan dunia, mengakui nilai bersejarah dan teknologinya yang unik.

Baca Juga: Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan, Pegawai Rutan Padang Panjang Donorkan Darah

Sejarah tambang ini dimulai pada 1868 ketika Willem Hendrik De Greve menemukan potensi deposit batu bara di daerah tersebut.

Meskipun sulit diakses, Belanda bersikeras untuk membangunnya.

Proses pembangunan memakan waktu sepuluh tahun, dengan infrastruktur tambang bawah tanah yang menghadapi tantangan teknis yang besar.

Baca Juga: Pendeta Gilbert Lumoindong Penista Agama Islam Pasang Tarif Rp40 Juta Sekali Pemberkatan Pernikahan? Lain Gaji Bulanan 30 Kali UMR Jakarta?

Salah satu aspek menarik dari pembangunan tambang ini adalah penggunaan dana dari harta rampasan perang Jepang.

Pemerintah kolonial Belanda memanfaatkan dana sebesar Rp 2,5 miliar tersebut untuk membiayai pembangunan infrastruktur tambang.

Tambang batu bara Ombilin tidak hanya menciptakan lapangan kerja baru, tetapi juga mengubah pola kehidupan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Riau Segera Garap Tol Rengat-Pekanbaru di Seksi Ini, Sumbar Disebut-sebut Bakal Ikut Kecipratan Untung dari Konstruksi Tol Tersebut: Kok Bisa?

Dari daerah agraria, Sawahlunto berkembang menjadi kawasan industri yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Namun, eksploitasi tambang juga membawa dampak negatif, terutama bagi para pekerja tambang yang sering kali mengalami kondisi kerja yang keras dan bahkan tragis.

Selain nilai historisnya, tambang batu bara Ombilin juga menjadi contoh penting dari pertukaran teknologi pertambangan antara Belanda dan daerah jajahannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat