bdadinfo.com

Digadang-gadang Jadi Feeder Pertama di Jawa Timur! Jika Tuntas Tol Ini Terkoneksi dengan Trans Jawa dan Jalur yang Terkenal Indah Nan Menakjubkan Ini  - News

Digadang-gadang Jadi Feeder Pertama di Jawa Timur! Jika Tuntas Tol Ini Terkoneksi dengan Trans Jawa dan Jalur yang Terkenal Indah dan Menakjubkan Ini  (bpjt.pu.go.id)

Jalan tol yang akan dibangun pemerintah di Jawa Timur digadang-gadang bakal jadi sirip (feeder) pertama yang ada di provinsi tersebut.

Oleh karena itu, jika nantinya sudah tuntas maka jalan tol Kediri – Tulungagung dapat terkoneksi dengan jalan tol Trans Jawa dan juga dengan jalur yang terkenal dengan keindahan dan pemandangan yang menakjubkan ini.

Diketahui, jalan tol Kediri – Tulungagung rencananya dibangun dengan total panjang mencapai 44,17 km.

Baca Juga: Jalan Tol Baru di Jawa Timur Ditargetkan Mulai Dibangun Tahun 2024, Target Operasinya Tahun Segini: Bakal Hubungkan Wilayah Apa Saja? 

Rencana pembangunan jalan tol tersebut dianggap sebagai sebuah keputusan bisnis yang strategis.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hal ini karena jalan tol Kediri – Tulungagung akan menghubungkan jalan tol Trans Jawa dengan Jalan Pantai Selatan (Pansela).

Nantinya kalo sudah tersambung Mojokerto, Kediri, Tulungagung, artinya sirip pertama di Jawa Timur untuk menghubungkan Jalan Tol Trans Jawa dengan Pansela akan sudah selesai.

Baca Juga: Jawa Timur Bangun Jalan Tol yang Terhubung ke Tol Trans Jawa, Nyambung ke Jalur Pansela Sampai ke Wilayah Mojokerto: Titik Terjauhnya di Wilayah Ini

Pembangunan jalan tol ini sangat membantu pemerintah untuk mempercepat konektivitas salah satu ruas jalan di Jawa Timur.

Dengan demikian maka sudah tentu akan berdampak pada sektor perekonomian di wilayah sekitar jalan tol tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachhul Munir mengatakan, berdasarkan Surat Menteri PUPR nomor PB 0201-Mn/2954 pada tanggal 14 Desember 2023, telah ditetapkan pemenang lelang yang diprakarsai oleh PT. Gudang Garam Tbk.

Baca Juga: Ada Konektivitas Jalan Tol Baru di Jawa Timur! Bakal Terintegrasi dengan Trans Jawa dan Jalan Pansela hingga ke Kediri: Telan Biaya Rp9,92 Triliun 

Untuk kemudian dilanjutkan dengan pembentukan Badan Usaha Jalan Tol dengan nama PT. Surya Sapta Agung Tol oleh PT. Gudang Garam Tbk.

Dalam perjanjian pengusahaan jalan tol tersebut juga sudah melingkupi kegiatan pendanaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat