bdadinfo.com

Banten Berduka Cita! Tangerang Raya Naik Tahta Jadi Provinsi Baru Caplok Bandara Soekarno-Hatta - News

Dikabarkan bahwa pemekaran Provinsi Baru Tangerang Raya akan segera diresmikan tidak lama lagi. Hal tersebut artinya Bandara Soekarno-Hatta nantinya akan berada di Provinsi Tangerang Raya yang telah lepas dari Banten sebagai provinsi induk.

- Banten adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak pada bagian paling barat Pulau Jawa dengan ibu kota di Kota Serang.

Sebelum terjadi pemekaran daerah, provinsi ini sebelumnya pernah menjadi bagian dari wilayah Jawa Barat yang kemudian resmi dimekarkan pada tanggal 4 Oktober 2000.

Wilayah Banten terletak di antara 5º7'50"-7º1'11" Lintang Selatan dan 105º1'11"-106º7'12" Bujur Timur, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2000 luas wilayah Banten adalah 9.160,70 km².

Baca Juga: Gorontalo Pamer Harta Karun Emas Terbesar di Indonesia, 19 Juta Ton Emas Siap Dikeruk Habis-habisan Oleh Perusahaan Pemburu Harta Karun

Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 155 kecamatan, 313 kelurahan, dan 1.238 desa.

Provinsi Banten memiliki wilayah laut yang menjadi salah satu jalur laut strategis yaitu Selat Sunda.

Dengan menggunakan kapal-kapal berukuran besar, Selat Sunda menjadi jalur penghubung antara Australia dan Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggara, khususnya Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Selain itu, wilayah laut Banten adalah jalur penghubung antara Jawa dan Sumatra.

Provinsi Banten secara geografis dan pemerintahan berperan sebagai zona penyangga bagi Jakarta.

Peran ini utamanya berfungsi di wilayah Tangerang Raya yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri. Wilayah Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut.

Yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut di Jakarta dan ditujukan untuk menjadi pelabuhan alternatif selain Singapura.

Kota Tangerang adalah kota yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat DKI Jakarta.

Penduduk pribuminya adalah Suku Sunda. Pada ahir tahun 2023, jumlah penduduk kota Tangerang sebanyak 1.912.679 dengan kepadatan 12.000 jiwa/km2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat