bdadinfo.com

Telan Biaya Fantastis sampai Rp9,9 Triliun, Jalan Tol Ini Dianggap Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa? - News

Ilustrasi. Telan biaya fantastis, tapi menjadi tol tersepi di Indonesia (Freepik)

- Pemerintah terus melakukan pemerataan dengan membangun berbagai infrastruktur di berbagai titik di Indonesia,salah satunya akses jalan Tol.

Pembangunan jalan tol diharapkan bisa memberikan dampak positif terutama bagi perkembangan wilayah dan juga peningkatan dalam bidang ekonomi serta mobilitas dan aksesibilitas.

Selain itu keberadaan jalan tol juga akan memangkas waktu perjalanan yang tadinya lama menjadi singkat.

Baca Juga: Pangkas Waktu 2 Jam Jadi 45 Menit, Proyek Pembangunan Tol IKN Capai Progres 81 Persen, Siap Dilintasi Saat HUT RI ke-79

Dalam pembangunan jalan tol tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit dan menguras biaya yang fantastis.

Tak main-main bahkan pemerintah menghabiskan Rp9,9 triliun untuk pembangunan jalan  tol, sayangnya meskipun sudah dibangun mahal-mahal jalan tol ini justru sepi pengguna.

Tol yang sepi itu berada di Provinsi Kalimantan Timur yaitu Tol Balikpapan Samarinda.

Baca Juga: Cuma Perlu Bayar Rp1 Ribu Per Kilometernya, Tol Terbaru Sumatera Utara ini Segera Dioperasikan Dalam Waktu Dekat: Bulan Mei 2024?

Saking sepinya, bahkan tol ini dianggap sebagai tol paling sepi di Indonesia sebab tak banyak kendaraan yang menggunakan jalan tol itu.

Tol yang sudah beroperasi secara bertahap sejak 2019 ini sepi dari kendaraan atau kendaraan umum kecuali di waktu tertentu.

Membentang sepanjang 99,3 km, tol ini dirancang menjadi penghubung ibukota Kalimantan Timur dengan Kutai Kartanegara.

Baca Juga: Sudah Uji Laik Fungsi, Tol Baru di Sumatera Utara ini Siap Pangkas Perjalanan Antar Daerah yang Dulu 5 Jam Jadi Tinggal 2 Jam Saja: Panen Proyek Lagi!

Pembangunan tol tersebut diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi baru, namun nyatanya, tol ini justru menjadi yang tersepi di Indonesia.

Keberadaan tol ini membuat jarak tempuh dari Balikpapan-Samarinda menjadi lebih singkat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat