bdadinfo.com

Banten Super Nekat! Demi Jalan Tol Senilai Rp5 Triliun, Lahan Seluas 133 Hektar di Tangerang Disapu Bersih untuk Akses ke Bandara Soetta - News

Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran seluruhnya berada di wilayah Kota Tangerang. Jalan tol yang berlokasi di Provinsi Banten telah menyapu lahan seluas 133 hektar di Tangerang.

- Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran atau Jalan Tol CBK sepanjang 14,19 km ini merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol JORR 2 yang membentang dari sisi timur gerbang Bandara Soekarno Hatta hingga Kunciran Jaya, Tangerang.

Jaringan jalan tol ini berfungsi memecah lalu lintas yang saat ini menumpuk di dalam kota Jakarta, maupun di JORR dan jalur penghubung antara wilayah Tangerang Raya dan bandara.

Jalan tol ini juga terhubung dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Kunciran-Serpong, serta Jalan Tol Prof. Dr. Sedyatmo.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Masjid Maimunah Lapai Cimpauh Kota Pariaman Dimulai

Proses pengadaan tanah jalan tol ini dimulai sejak tahun 2013, sedangkan pelaksanaan konstruksi dimulai pada April 2017 dan selesai pada Maret 2021. Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 1 April 2021,

Dan Jalan tol Cengkareng - Batuceper -Kunciran yang memiliki panjang 14,19 km ini sudah dioperasikan secara penuh. Total kebutuhan biaya investasi mencapai Rp5 triliun.

Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran seluruhnya berada di wilayah Kota Tangerang.

Jalan tol yang berlokasi di Provinsi Banten telah menyapu lahan seluas 133 hektar di Tangerang.

Meski sempat terkendala terkait proses ganti rugi lahan namun pada akhirnya dapat terselesaikan dengan baik.

Dengan adanya jalan tol tersebut, mampu mempermudah masyarakat Tangerang untuk mengakses Bandara Soetta.

Sehingga, warga yang bermukim di sekitar tol seringkali melihat pesawat di langit tempat tinggal mereka.

Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper - Kunciran ini panjangnya membentang hingga 14,19 kilometer yang menjadi penghubung strategis di wilayah Jakarta hingga Banten.

Baca Juga: Tak Hanya di Riau, Sejumlah Jalan Tol Ini Jadi Pembuktian Tol Trans Sumatera Layak Jadi Mega Proyek Tepat Sasaran: Akses Primadona Bagi Masyarakatnya

Adapun Jalan Tol tersebut dibagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) Sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat