bdadinfo.com

Terjepit! Akibat Serbuan Sepatu Impor Cina, Pabrik Sepatu Bata Terancam Bangkrut - News

Pabrik sepatu Bata terancam bangkrut

- Pabrik Bata adalah Produsen sepatu yang terkenal dan sangat legendaris sudah ada sejak 1931.

Namun, sampai saat ini pabrik Bata terus merugi hingga akhirnya per 30 April 2024 berujung penutupan pabrik operasinal di Purwakarta, Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Center of Industry, Trade and Investment INDEF Andry Satrio Nugroho berpendapat tutupnya pabrik sepatu Bata tak lepas dari kurangnya pasokan bahan baku tersebut, untuk industri saat ini.

Baca Juga: Provinsi Riau Menuju Abad Kejayaan! Sumber Daya Alamnya yang Melimpah Provinsi Baru Ini Naik Tahta Bersumpah Berpisah dengan Riau Selama-lamanya

Bahkan, menurut Andry Satrio Nugroho selain menurunnya permintaan, impor bahan baku tekstil dan produk tekstil (TPT) dikenakan pembatasan.

Hal ini sangat menyulitkan bagi pelaku industri untuk mendapatkan bahan baku yang sangat terbatas.

Fenomena PT Sepatu Bata Tbk (BATA) menutup salah satu pabrik sepatunya di Purwakarta, Jawa Barat, beberapa waktu lalu sempat jadi sorotan publik.

Baca Juga: Lantik Andree Algamar Jadi Pj Walikota Padang, Gubernur Sumbar: Jaga Sinergitas dengan Seluruh Pihak

Ternyata penutupan pabrik sepatu Bata ini di sebabkan oleh berbagai macam masalah yang di hadapi perusahaan-perusahaan alas kaki lainnya.

Salah satunya terkait tidak tersedianya bahan baku yang sebagian besar dari luar negeri alias import.

Founder & CEO PT Sumber Kreasi Fumiko yaitu, Yongki Komaladi menilai penutupan salah satu pabrik Bata ini disebabkan oleh berbagai macam masalah yang dihadapi perusahaan-perusahaan sepatu lain nya.

Baca Juga: Gorontalo Berkibar! Dua Daerah yang Melepaskan Diri dari Sulawesi Utara Punya Pemandangan Bawah Laut Super Indah Proklamasikan Provinsi Baru

Sebab, salah satu ketersedian nya bahan baku yang sebagian besar dari luar negeri alias import.

Pabrik sepatu Bata mengimpor barang-barang dari seluruh negara yang punya asosiasi sendiri, contohnya dari Malaysia, India, Singapura.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat