bdadinfo.com

Telan Pil Pahit! Jalan Tol di Sumatera Selatan Terancam Tidak Lengkap, Proyek Rp24 Triliun Satu ini Hilang Selamanya? - News

Ilustrasi proses pembebasan lahan

- Provinsi Sumatera Selatan harus menelan pil pahit setelah mengetahui proyek pembangunan jalan tol yang sangat dinantikan akhirnya ditunda.

Pembangunan infrastruktur jalan tol Provinsi Sumatera Selatan tersebut bahkan dihapus dari program Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh pemerintah pusat.

Adapun proyek yang ditunda dan dihapus dari Proyek Strategis Nasional tersebut adalah pembangunan infrastruktur Jalan Tol Indralaya Muara Enim.

Baca Juga: Ini Dia! Jalan Tol Sumatera Utara Semakin Membentang Panjang, Proyek Tol Kisaran-Tebing Tinggi Bakal Rampung di Akhir Tahun 2024

Keputusan tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pengumuman resmi pada Oktober tahun 2023 lalu. 

Proyek Jalan Tol Indralaya Muara Enim adalah jalan tol bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Indralaya dengan Muara Enim.

Jalan Tol Indralaya Muara Enim ini merupakan lanjutan dari Jalan Tol Palembang Indralaya yang menuju Bengkulu.

Baca Juga: 3 Proyek Strategis Nasional di Pulau Sumatera Jadi Prioritas Pemerintah, Harus Rampung di Akhir Tahun 2024: Salah Satunya PSN Raksasa di Aceh!

Jalan Tol Indralaya Muara Enim ini direncanakan akan memiliki 2 (dua) seksi, yaitu Jalan Tol Indralaya Prabumulih dan Jalan Tol Prabumulih Muara Enim

Jalan Tol Indralaya Prabumulih sendiri telah berhasil dituntaskan dan kini telah diresmikan serta beroperasi penuh.

Adapun seksi Jalan Tol Prabumulih Muara Enim inilah yang terancam tidak bisa dilanjutkan sehingga membuat ruas Jalan Tol Indralaya Muara Enim tidak lengkap.

Baca Juga: Ganti Rugi Belum Tuntas! Tol Padang-Sicincin Disejajarkan dengan Mega Proyek IKN: Konstruksinya Jadi Prioritas yang Harus Rampung di Tahun 2024!

Melansir data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jalan Tol Prabumulih Muara Enim ini baru terealisasi sebanyak 8 persen.

Adapun pembebasan lahan Jalan Tol Prabumulih Muara Enim ini sendiri baru mencapai 19 persen di bulan April tahun 2024 ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat