bdadinfo.com

Pembebasan Lahan Proyek Jembatan Terpanjang Se-Indonesia di Riau Mulai Berjalan: PUPR Siap Masukkan ke PSN Tahun 2024?  - News

Provinsi Riau mulai melakukan proses sosialisasi pembebasan lahan pada Mei tahun 2024 untuk proyek jembatan terpanjang di Indonesia dan mendorong pembangunan ini agar masuk ke Proyek Strategis Nasional (PSN). (Dok: Media Center Riau)

- Salah satu proyek raksasa akan kembali hadir di Provinsi Riau dalam waktu dekat ini.

Dikabarkan, Pemerintah Provinsi Riau akan mengeksekusi mega proyek pembangunan infrastruktur jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera.

Jembatan penghubung ini bukanlah sembarang proyek karena akan menjadi proyek pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia.

Baca Juga: Gawat! Bos HK Datang ke Sumatera Barat, Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Pesimis Rampung Juli 2024: Masih Butuh 4 Bulan Lagi?

Proyek infrastruktur jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera ini direncanakan akan membentang sepanjang 7,6 kilometer.

Dengan panjang nyaris 8 kilometer jauhnya, jembatan ini sah akan menjadi yang terpanjang di Indonesia.

Diketahui, tim terkait telah diterjunkan ke rencana lokasi pembangunan jalan tol penghubung ini melakukan sejumlah kegiatan awal pada bulan Mei tahun 2024 ini.

Baca Juga: Sudah Dapat Dana Rp23 Triliun, Riau Siap Babat Habis 736 Hektare Hutan Demi Proyek Jalan Tol Jambi-Rengat: Konstruksi Mulai Tahun ini?

Kadis PUPR Bengkalis, Ardiansyah menjelaskan, bahwa pihaknya akan berupaya melakukan sosialisasi terkait pembebasan lahan bagi warga yang terdampak proyek jembatan penghubung ini.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal)dari proyek jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera ini. 

Lebih lanjut, ia menyatakan berkomitmen akan terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Kementerian terkait agar proyek jembatan terpanjang di Indonesia ini bisa terwujud.

Baca Juga: Rezeki Nomplok! 2 Desa di Provinsi Riau ini Bakal Jadi Titik Penghubung Jembatan Terpanjang di Indonesia: Mulai Pembangunan Tahun 2024 ini?

Ia memastikan, pihaknya sudah siap untuk pembuatan amdal dan pembebasan lahan proyek jembatan penghubung ini.

PUPR Bengkalis akan terus berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau, Kementerian PUPR, dan Bappenas agar proyek ini bisa menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat