bdadinfo.com

Kalahkan Suramadu yang Jadi Kebanggan Pulau Jawa, Riau Bangun Jembatan Terpanjang di Indonesia Sepanjang 7 Km: ASEAN pun Dibuat Segan! - News

Jembatan Suramadu yang menjadi ikon jembatan terpanjang di Indonesia sebentar lagi akan dikalahkan dengan jembatan penghubung yang akan berdiri di Provinsi Riau. (Dok: MA Miftahul Huda Kediri)

 

- Sebuah kabar sensasional datang dari Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Riau.

Provinsi Riau yang beribu kotakan Kota Pekanbaru tersebut diketahui tengah mengupayakan pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia.

Proyek jembatan terpanjang di Indonesia tersebut direncanakan akan membentang sepanjang 7,6 kilometer panjangnya.

Baca Juga: Pemda Sumbar Lebih Prioritaskan Proyek Jalan Tol Sicincin-Bukittinggi Daripada Payakumbuh-Pangkalan, Ternyata ini Alasannya: Konstruksi Mulai 2024?

Proyek pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia yang akan hadir di provinsi Riau tersebut nantinya akan menyambungkan Pulau Bengkalis dan daratan utama Pulau Sumatera.

Dengan panjangnya yang mencapai 7,6 km, jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera ini akan sah menjadi yang terpanjang di Indonesia.

Torehan ini nantinya akan menggantikan predikat jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang dipegang oleh Jembatan Suramadu.

Baca Juga: Bos HK Keceplosan? Proyek Jalan Tol Sumatera Barat yang Banyak itu Disebut Bakal Peletakan Batu Pertama: Tahun 2024 Atau 2025 ya

Jembatan Suramadu sendiri merupakan jembatan penghubung Kota Surabaya atau daratan utama Pulau Jawa dengan Pulau Madura.

Jembatan Suramadu tersebut membentang sepanjang 5,4 km dan pembangunannya dimulai saat era Presiden Megawati dan rampung saat kepemimpinan Presiden Susilo bambang Yudhoyono.

Sejak rampung di tahun 2009 silam, Jembatan Suramadu ini menjadi ikon sekaligus kebanggaan Pulau Jawa.

Baca Juga: Padang Pariaman Siap Garap Tol Sumbar di Tahun 2024, Trase Banyak Lewat Bukit dan Hutan: No Ribet-Ribet Pembebasan Lahan yang Bikin Lama Proyek!

Meski demikian, tidak lama lagi ikon tersebut akan mulai berpindah dari Pulau Jawa menuju ke Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Riau.

Proyek jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera ini terus didorong oleh Pemerintah Daerah Provinsi Riau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat