bdadinfo.com

Desain Jembatan Terpanjang di Indonesia yang Akan Dibangun di Riau Sudah Dipersiapkan, Tiongkok Bakal Gaspol Pembangunan Proyek Sepanjang 7,6 Km Ini - News

Ilustrasi pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia yang akan dibangun di Riau. China atau Tiongkok disebutkan tengah mempersiapkan desain dari jembatan ini. Proyek ini didrong agar masuk Proyek Strategis Nasional (PSN). (Dok: Homecare24)

- Provinsi Riau dikabarkan sedang mengupayakan realisasi rencana pembangunan sebuah mega proyek dalam waktu dekat.

Pembangunan mega proyek tersebut berupa jembatan penghubung antara Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera.

Jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera ini dikatakan mega proyek karena akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Baca Juga: Geram! Wagub Sumatera Barat Tegas ke Pemkab, Minta Daerah yang Dilintasi Proyek JTTS Upayakan Pembebasan Lahan Demi Jalan Tol Sepanjang 254 Km

Proyek pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia itu sendiri disebutkan akan melibatkan pihak dari Negara China atau Tiongkok.

Pihak dari Tiongkok sendiri diketahui telah hadir meninjau ke lokasi rencana pembangunan jembatan penghubung Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatera.

Kepala Kontraktor Consultant Sino Road and Bridge Group Co (SRBGC), Ika Puspita Sari mengatakan, proses pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia ini tergantung pemerintah.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Proyek Jembatan Terpanjang Se-Indonesia di Riau Mulai Berjalan: PUPR Siap Masukkan ke PSN Tahun 2024? 

Pihaknya berharap, rencana pembangunan jembatan penghubung ini dapat dimasukkan ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, bahwa DED (Rancang Bangun Rinci atau Detail Engineering Design dari jembatan penghubung juga masih dirancang. 

Namun, ia tidak menampik untuk rencana rancangannya sudah ada dan akan terus dipersiapkan lebih lanjut.

Baca Juga: Sudah Lihat Lokasi Pembangunan Jembatan Terpanjang Se-Indonesia di Riau, China Bilang Oke dan Siap Eksekusi Proyeknya: Mulai Tahun 2024?

Kadis PUPR Bengkalis, Ardiansyah menjelaskan, bahwa pihaknya akan berupaya melakukan sosialisasi terkait pembebasan lahan bagi warga yang terdampak proyek jembatan ini.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dari proyek bakal jembatan terpanjang di Indonesia ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat