bdadinfo.com

Juaranya TNI AU! 2 Peluncuran Pesawat Gagah dan Terunik Pertama di Indonesia Siap Lepas Landas Menuju Keberangkatan CN 235 Arah Kepulauan Riau - News

Pesawat Terbaru TNI AU (Pexels)

- Pada bulan Januari 2024 baru saja penyerahan hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL.

Sebelumnya, Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar telah menghadiri acara penyerahan.

Pesawat berjenis Helikopter Panther AS 565 MBE hasil refurbishment yang berjumlah 8 unit ini hanya tiga unit saja yang digelar. 

Baca Juga: Listrik Aman Jelang Idul Adha, PLN Solok Giatkan Edukasi Kelistrikan

Sebabnya pesawat yang lainnya sedangan digunakan dalam misi operasi dan pemeliharaan rutin.

Penyerahan Helikopter Panther AS 565 MBE yang merupakan bagian dari penyerahan pesawat oleh Menhan Republik Indonesia, Prabowo Subiyanto bersama Jokowi. 

Sekaligus Menhan menyerahkan secara simbolis Pesawat C-130J-30 Super Hercules kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal Fadjar Prasetyo.

Baca Juga: Merangkul Semangat Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri dan MAI Luncurkan Fitur Kurban di Livin’ Sukha

Helikopter Panther merupakan pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kemhan RI untuk memperkuat armada pesawat angkut TNI AU

Pesawat angkut berat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1344 ini diterbangkan ke tanah air dari pabriknya yang berada di Marietta, Georgia, Amerika Serikat. 

Ketiga negara pada tanggal 16 Januari 2023 dan di Lanud Halim Perdanakusuma pada tanggal 22 Januari 2024.

Baca Juga: Kepri Berduka! 210 Kilometer Jalan Berstatus Milik Provinsi Kepulauan Riau Hancur Lebur Terletak di Lingga dan Natuna Butuh Dana Jumbo Rp2 Triliun

Adapun penambahan pesawat baru yang dinamakan Ronud 800 WU2 rencananya lepas landas menuju keberangkatan Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Berjenis Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda ke Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjungpinang dan Wing Udara 3 Puspenerbal Biak melaksanakan penerbangan ferry ke Tanjungpinang pada Senin 3 Juni 2024. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat