bdadinfo.com

Keren! Tak Hanya Jadi Tonggak Infrastruktur Riau, Jalan Tol Baru Ini Juga Mampu Mendongkrak Perekonomian di Pulau Sumatera: Sumbar Salah Satunya - News

Keren! Tak Hanya Jadi Tonggak Infrastruktur Riau, Jalan Tol Baru Ini Juga Mampu Mendongkrak Perekonomian di Pulau Sumatera: Sumbar Salah Satunya (bpjt.pu.go.id)

– Pembangunan jalan tol di Indonesia sedang digalakkan demi kemajuan infrastruktur agar dapat bersaing dengan negara lain.

Baru-baru ini, salah satu jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) adalah tol Bangkinang – Koto Kampar di Riau yang baru saja diresmikan.

Jalan tol tersebut digadang-gadang menjadi tonggak pembangunan infrastruktur yang dinilai mampu mendongkrak perekonomian di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Pangkas Waktu Palembang - Prabumulih Jadi 1 Jam, Tak Heran Tol Ini Jadi Andalan dengan Pertumbuhan Trafik Tertinggi Dibandingkan Ruas JTTS Lainnya

Jalan tol Pekanbaru – Padang seksi Bangkinang – Pangkalan tahap I, yaitu Bangkinang – Koto Kampar memiliki panjang 24,7 km.

Jalan tol ini adalah sirip dari JTTS yang diharapkan nantinya akan tersambung hingga Pekanbaru dan Padang.

Jalan tol ini dimulai pembebasan lahannya pada bulan Mei 2019 dan dilanjutkan pelaksanaan konstruksi dan menghabiskan nilai investasi mencapai Rp4,8 triliun.

Baca Juga: Bukti JTTS Layak Dipercepat Pembangunannya! Jalan Tol di Riau Ini Jadi Ruas dengan Jumlah Kendaraan Paling Banyak Melintas: Tol Terpeka Kalah?

Ruas jalan tol tersebut merupakan sektor penting untuk penguhubung Riau-Sumbar yang bisa di manfaatkan masyarakat.

Menurut Jokowi, tol Bangkinang-XIII Koto Kampar ini adalah tonggak bagi pembangunan infrastruktur yang nantinya akan membawa dampak positif untuk percepatan pertumbuhan ekonomi serta mobilitas antardaerah.

Jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari Kota Pekanbaru menuju Provinsi Sumbar dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar.

Baca Juga: Tiba-tiba Jambi Jadi Anak Emas! Rupanya Ini Alasan Negara Suntik Dana Pembangunan Jalan Tol Paling Fantastis di Wilayahnya Dibandingkan Provinsi Lain 

Selain itu, jalan tol ini juga memudahkan akses ke kawasan pariwisata seperti Candi Muara Takus dan berbagai kawasan pariwisata lainnya di Sumbar.

Tak heran jika Sumbar menjadi salah satu provinsi yang sangat diuntungkan dari beroperasinya jalan tol di Riau tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat