bdadinfo.com

Proyek Gila di Sulawesi Segera Hadir Tinggal Menunggu Restu Jokowi, Gunung Setinggi 450 Meter Bakal Hilang Sekejap Demi Pembangunan: Mau Buat Apa? - News

Ilustrasi mega proyek yang akan hadir di Pulau Sulawesi. pembangunannya sendiri masih menunggu restu dari Pemerintah Pusat. Presiden Jokowi sudah menerima ide pembangunan ini dalam audiensi pada tahun 2023 lalu. (Dok: Widya Robotics)

- salah satu ide mega proyek pembangunan infrastruktur muncul setelah adanya audiensi yang dilakukan di Istana Kepresidenan pada Agustus 2023 lalu.

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menyampaikan ide membangun sebuah proyek raksasa di Pulau Sulawesi.

Ide tersebut adalah untuk membangun Terusan Khatulistiwa di Provinsi Sulawesi Tengah demi kelancaran jalur laut dari Ibu Kota Nusantara (IKN) menuju Indonesia bagian timur atau sebaliknya.

Baca Juga: Proyeknya Baru saja Rampung, Perusahaan ini Langsung Ambil Alih Rebut Tol Sumatera Utara dan Riau dalam Genggaman: 56 Km Berpindah Tangan!

Terusan Khatulistiwa tersebut nantinya akan membelah Pulau Sulawesi menjadi dua bagian dan mengkoneksikan Selat Makassar dan Teluk Tomini.

Ide Terusan Khatulistiwa ini sejatinya sudah lahir sejak tahun 2008 lalu dan pernah disampaikan secara langsung kepada Presiden Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Sejak adanya proyek pemindahan ibu kota negara ke IKN menjadikan momentum realisasi mega proyek Terusan Khatulistiwa ini lebih besar.

Baca Juga: Bukti Sumatera Barat Kaya Raya, Tol Padang-Sicincin Belum Rampung Tapi Sudah Ada 1 Perusahaan yang Mengincar Pengen Menguasai: Rebut di Tahun 2024?

Wacana pembangunan mega proyek Terusan Khatulistiwa tersebut pun kembali mencuat ke permukaan dan di hadapan Presiden Jokowi.

Terusan Khatulistiwa dapat menjadi penghubung antara IKN dengan wilayah Indonesia Timur sekaligus gerbang atau pintu gerbang penghubung antara Indonesia Timur menuju IKN

Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah mega proyek juga mempunyai ambisi besar untuk membelah Pulau Sulawesi dengan Terusan Khatulistiwa tersebut. 

Baca Juga: Daerah Tetangga Sumatera Barat ini Tolnya Sudah Mencapai Ratusan Kilometer, Sumbar 7 Tahun Proyeknya Berjalan 36 km saja Belum Selesai: Kacau!

Hal tersebut dimaksudkan agar pelayaran dari dan ke wilayah Maluku, Maluku Utara dan Papua terpangkas 200 mil serta dapat menghemat bahan bakar hingga mencapai Rp1,9 triliun. 

Jika 1000 kapal melewati Terusan Khatulistiwa ini per tahunnya, maka perdagangan dan jasa jalur laut akan menjadi andalan industri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat