bdadinfo.com

Kenangan Dipamerkan! Era Pemerintahan Jokowi Ukir Sejarah Berhasil Bangun Bendungan Pertama dan Megah di Sulawesi Tenggara Tapi Kabupaten... - News

Bendungan Pertama di Sulawesi Tenggara (Freepik)

- Tahun 2024 yang mana masa pemerintahan presiden Jokowi akan berakhir namun berbagai proyek strategis nasional diberitakan oleh khalayak publik.

Salah satunya Bendungan yang telah berhasil dibangun dan diresmikan pertama kali berlokasi di Sulawesi Tenggara namun diberi nama ”Bendungan Ladongi”.

Seusai melalui proses pembangunan dengan berbagai tantangan dihadapi saat pandemi Covid-19 tapi PT Hutama Karya Persero berhasil merampungkan proyek. 

Baca Juga: Hebatnya Solok Selatan, Punya Proyek Pembangkit Listrik Panas Bumi Terbesar dengan Investasi Senilai 580 Juta USD

Jokowi mengatakan bahwa selain untuk irigasi, kehadiran bendungan ini membawa banyak manfaat.

"Bendungan Ladongi memiliki kapasitas daya tampung sebesar 45,9 juta meter kubik air. Adapun harapannya, fungsi dari Bendungan Ladongi,” tutur Jokowi.

“bukan hanya untuk kebutuhan pengairan sawah saja, tetapi juga bendungan ini akan dimanfaatkan untuk pembinaan atlet dayung,”

Baca Juga: Soal Penilaian Akhir Semester 2 dan Kunci Jawaban Agama Buddha Kelas 3 SD Halaman 203 204 Kurikulum Merdeka

“dan menjadi objek wisata baru utamanya wisata air," ujar Presiden Jokowi.

Proyek Pembangunan Bendungan Ladongi yang dikelola dalam dua paket yaitu paket I pada tahun 2016-2020 dan paket II mulai tahun 2019-2021.

Diketahui saat ini telah bersedia untuk menyuplai air irigasi seluas 3.604 Hektar lahan pertanian di 4 kabupaten wilayah sekitar Kolaka Timur. 

Baca Juga: IKN Terancam? Amerika Serikat punya Rencana Besar untuk Ibu Kota Nusantara, Bukti Proyek Ambisius Jokowi Kian Dilirik Dunia Internasional

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau langsung proyek Bendungan Ladongi yang sudah siap digunakan sekaligus menandatangani tujuh tujuh prasasti. 

Artinya dinyatakan telah selesai pembangunan infrastruktur strategis di Sulawesi Tenggara yakni Bendungan Ladongi pada 28 Desember 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat