bdadinfo.com

Satu Lagi Proyek Raksasa Trans-Sumatera Siap Beroperasi Tahun Ini! Hutama Karya Tuntaskan Pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh dan Tol Kuala Tanjung - News

Hutama Karya Tuntaskan Pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Freepik.com/@evening_tao)

- PT Hutama Karya (Persero) sedang bersiap menyelesaikan pembangunan dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), yaitu Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat).

Pembangunan Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum pada Tol Sibanceh kini telah mencapai progres sebesar 86,89 persen.

Baca Juga: Asyik! Rela Kucurkan Biaya Rp6,3 T Demi Segera Kebut Pengerjaan Proyek Bendungan Terbesar dan Multifungsi Plus Salurkan Hydropower Pembangkit Listrik

Sementara itu, Tol Kutepat mencakup Seksi 2 (Indrapura-Kuala Tanjung), Seksi 3 (Tebing Tinggi-Serbelawan), dan Seksi 4 (Serbelawan-Pematang Siantar) segmen Serbelawan-Sinaksak, yang ditargetkan beroperasional pada Oktober 2024.

Seksi 1 (Tebing Tinggi-Indrapura) dari Tol Kutepat telah beroperasi sejak 10 November 2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, mengungkapkan bahwa perseroan optimistis dapat menyelesaikan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) ini sesuai target yang telah direncanakan untuk mewujudkan pemerataan pengembangan infrastruktur di berbagai wilayah.

Baca Juga: Bupati Andri Warman Lantik dan Pengambilan Sumpah PPPK Agam Formasi Tahun 2023 Tahap II

"Untuk memastikan proyek-proyek tersebut rampung tepat waktu, Hutama Karya melakukan sejumlah strategi percepatan demi memastikan kebutuhan sumber daya," ujarnya, Jumat, 7 Juni 2024.

Strategi percepatan ini melibatkan pemenuhan material dan alat yang dibutuhkan, serta pengendalian dan evaluasi target secara intensif agar perencanaan dapat tercapai sesuai jadwal.

Selain itu, Hutama Karya juga melakukan koordinasi efektif dan berkala dengan stakeholders yang terlibat untuk memastikan kelancaran pekerjaan, termasuk mempercepat proses pembebasan lahan dengan dukungan teknologi konstruksi digital.

Baca Juga: Warga Lampung Selatan Melakukan Protes Keras, Imbas Belum Mendapatkan Ganti Rugi Pembangunan JTTS

Adjib menjelaskan bahwa kehadiran proyek-proyek ini nantinya akan memberikan berbagai manfaat, seperti meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah, mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, serta menyediakan air baku dan irigasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan rampungnya proyek-proyek ini, Hutama Karya berharap dapat berkontribusi signifikan dalam pengembangan infrastruktur yang merata di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera, sehingga dapat mempercepat pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat