bdadinfo.com

Wajib Tahu! Hubungan Harmonis Minangkabau dengan Malaysia Tak Hilang Ditelan Zaman - News

Wajib Tahu! Indahnya Hubungan Harmonis Minangkabau dengan Malaysia Tak Hilang Ditelan Zaman

- Sebagai negara yang bertetangga hubungan Indonesia dengan Malaysia mengalami banyak pasang surut sepanjang sejarah memiliki berbagai macam hasil kebudayaan.

Yang hampir seragam bukan Tidak mungkin bahwa keduanya pernah menjalin hubungan harmonis sebelumnya.

Benar saja salah satunya adalah lebih 9 Salah satu negara bagian dalam federasi Malaysia.

Ia memiliki pertautan sejarah dengan kerajaan Minangkabau di Sumatera Barat baik dar pakaian adat bentuk rumah upacara dan sistem sosial.

Melansir dari kanal youtube Indo Line diantara keduanya pun sangat mirip bahkan dibalik itu ternyata sejarah juga depan jejakrekam Putra Minang yang pernah menjadi raja di negeri sembilan

Studi yang pernah diteliti oleh Mestika Z hubungan Minangkabau dengan Negeri 9 mengungkap sebuah fakta yakni Jauh sebelum negara-negara bangsa terbentuk sekitar abad ke-16 semua wilayah baik Indonesia maupun Malaysia.

Baca Juga: Rutin Laksanakan, Wali Kota Padang Panjang Apresiasi Kegiatan Subuh Mubarakah

Masih berbentuk kerajaan yang otonom penelitian oleh Jocelyn De Jong menunjukkan bahwa sejak awal abad ke-16 dan bahkan jauh lagi sebelumnya.

Orang-orang Minangkabau telah terbiasa merantau menyebar ke semenanjung Melayu. Perpindahan orang Minang kesemenanjung semakin pesat bersamaan dengan lalu lintas perdagangan emas dan lada.

Minangkabau ke Malaka sebelum Negeri 9 terbentuk di pelabuhan Malaka sudah berdiri kerajaan besar yang menjadi tempat perantau Minang untuk menetap dan berdagang.

Seiring berjalannya waktu perantau semakin banyak berdatangan dan mereka akhirnya mulai mengelompok komunitas-komunitas kecil perantau Minangkabau ini terdiri atau sekutuan negeri-negeri.

Yang terdiri dari sembilan negeri dan secara politik wilayah Negeri 9 ini dikuasai oleh pemimpin yang berbeda-beda dan silih berganti mulai dari Malaka.

Lalu Johor sebagai penerus Kerajaan Melayu Melaka Pada masa kekuasaan Johor inilah kedaulatan kerajaan dari sembilan baru memiliki raja sendiri yang dikirim dari Minangkabau.

Baca Juga: Inilah Sisa-sisa Pusaka Kerajaan Paguruyung yang Memiliki Hubungan dengan Kerajaan Hindu-Budha

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat