bdadinfo.com

Mengenal Bukit Barisan yang ‘Perutnya’ Akan Ditembus Terowongan Tol Padang-Pekanbaru - News

Ilustrasi. Mengenal Bukit Barisan yang Perutnya Akan Ditembus Terowongan Tol Padang-Pekanbaru (Freepik)

 

- Pembangunan Tol PadangPekanbaru diketahui bakal menembus perut Pegunungan Bukit Barisan dengan adanya terowongan sepanjang 8,95km.

Terowongan tol Padang-Pekanbaru yang melalui perut Bukit Barisan tersebut dikatakan akan menjadi salah satu yang terpanjang di Indonesia.

Pegunungan Bukit Barisan sendiri sudah masyhur namanya di Indonesia sebagai deretan gunung yang berada di Pulau Sumatra.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Senin 17 Juli 2023, Waspadai 5 Wilayah di Sumatera Barat Ini akan Berpotensi Hujan Lebat

Sekitar 1700 km terdapat gunung-gunung di Pulau Sumatra yang berjejer panjang melingkupi pulau tersebut dari ujung utara Sumatra yang berlokasi di Aceh hingga ujung selatan yang berakhir di Provinsi Lampung.

Dinamakan sebagai Pegunungan Bukit Barisan tentunya bukan tanpa sebab, melainkan setidaknya tercatat ada empat puluh gunung yang berderet memanjang di pulau habitat asli Harimau Sumatra tersebut.

Adanya Bukit Barisan pastinya sangat disyukuri oleh masyarakat Pulau Sumatra. Karena tanpa disadari gunung-gunung tersebut menjadi sumber air yang alirannya berasal dari sungai-sungai besar di sana.

Baca Juga: 4 Wilayah di Sumatera Barat dengan Potensi Suhu Tertinggi 17 Juli 2023, Padang Salah Satunya

Sungai-sungai di Bukit Barisan setidaknya akan bermuara di pantai barat yakni Samudra Hindia, seperti Alas dan Batangtoru.

Selain itu, aliran sungai juga akan bermuara di pantai timur, yaitu Selat Malaka, seperti Indragiri, Batanghari, dan Musi, Way Semaka yang berhulu di Bukit Barisan.

Salah satu hal yang menarik dari Bukit Barisan adalah ditemukannya sedimen fosil kerang laut yang banyak terdapat di zona Bukti Barisan oleh peneliti.

Penemuan yang berhasil dilakukan oleh peneliti LIPI, yaitu JF Katili menegaskan bahwa Bukit Barisan berasal dari adanya gerakan (penunjaman) Lempeng Samudra Hindia-Australia ke bawah Pulau Sumatra yang berada di Lempeng Eurasia dan Australia.

Penunjaman antar lempeng tersebut, secara singkat dijelaskan mengakibatkan terjadinya gempa di zona subduksi yang kemudian menggerakkan bumi termasuk isinya (lelehan batuan panas) yang naik ke atas dan membentuk kantung magma, pun akhirnya magma mendesak ke atas permukaan hingga membentuk deretan kubah magma alias gunung api.

Baca Juga: 3 Wilayah di Sumatera Barat Berpotensi Kabut pada 17 Juli 2023, Suhu Capai 17 Derajat

Salah satu gunung api di Bukit Barisan yang tercipta dari aktivitas tersebut adalah Gunung Kerinci di Jambi yang juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.805mdpl.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat