bdadinfo.com

Wisata Seni Antik ke Rumah Tjong A Fie di Medan, Bangunan Warisan Tiga Budaya untuk Sang Istri - News

Wisata Seni Antik ke Rumah Tjong A Fie di Medan, Bangunan Warisan Tiga Budaya untuk Sang Istri/http://tjongafiemansion.org/

– Suatu tempat wisata tidak selalu memiliki wujud yang berbeda. Terkadang, sebuah rumah juga bisa menjadi tempat wisata, seperti Rumah Tjong A Fie di Medan.

Rumah Tjong A Fie adalah sebuah kediaman yang dulunya ditempati oleh seorang pengusaha bernama Tjong A Fie. Berlokasi di Medan, kediaman tersebut kini menjadi tempat wisata.

Meski Medan memiliki beragam tempat wisata, Rumah Tjong A Fie ini menjadi salah satu yang mesti dikunjungi saat berada di Kota Melayu Deli.

Baca Juga: Aneka Perlengkapan dan Aksesoris untuk Tampil Sporty Maksimal

Tapi, siapa sebenarnya Tjong A Fie itu?

Tjong A Fie yang lahir dengan nama Tjong Fung Nam dan dikenal juga dengan Tjong Yiauw Hian lahir pada 1860 di provinsi Guangdong, China.

Berasal dari kondisi yang kurang mampu, ia datang ke Labuhan Deli, Sumatra, saat berumur 17 tahun. Ia membangun bisnis disana bersama kakaknya.

Di Medan, ia dikenal sebagai seorang yang ramah dan dermawan kepada komunitas. Ia membangun sekolah, rumah sakit, kuil, gereja, masjid, dan lainnya di Sumatra, Malaysia, dan China.

Baca Juga: Pembatalan Penerbangan Tak Halangi Petinggi Bayern Munich Bertemu Daniel Levy Bahas Transfer Harry Kane

Bisnisnya juga mencakup perumahan, pertambangan, bank, jalan kereta api, kelapa, tembakau, teh, karet, dan lainnya di akhir hayatnya.

Ia tinggal di kediaman tersebut bersama istrinya yang berasal dari Binjai dan tujuh anaknya, sampai wafatnya pada 1921.

Rumah Tjong A Fie tepatnya berada di jalan Jend. A. Yani no. 105, Medan. Kediaman ini terbuka untuk umum mulai 2009 lalu.

Baca Juga: Polisi dan Jaksa Kompak Bidik Dugaan Korupsi Payung Elektrik Masjid Agung An Nur Riau

Jika ingin berkunjung, tempat ini buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 5 sore, tapi tidak menerima pengunjung setelah pukul setengah 5 sore.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat