bdadinfo.com

Semakin Memburuk, Kondisi Cuaca di Seluruh Wilayah Provinsi Sumatera Barat Berpotensi Hujan Badai - News

Illustrasi potensi cuaca buruk di Sumatera barat.  (Unsplash.com )

Pantauan cuaca untuk hari ini yaitu Jumat, 4 Agustus 2023 di seluruh wilayah Sumatera Barat kembali memburuk dengan potensi hujan badai dengan kilat atau petir.

Berdasarkan hasil pantauan redaksi News dari laman resmi BMKG, bagian provinsi Sumatera Barat menyatakan wilayahnya didominasi oleh status hujan lebat dengan petir.

Hal ini seperti dua minggu sebelumnya, yang sempat menyebabkan bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di beberapa tempat seperti di kota Padang dan kabupaten Agam.

Baca Juga: Menyamar Jadi Pembeli, Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh Bekuk Dua Tersangka Penjual Sabu

Tercatat ada sembilan wilayah yang berstatus hujan ringan, satu berstatus hujan sedang dan sembilan lainnya berstatus hujan lebat dengan petir/kilat.

Kondisi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG untuk hari ini perlu menjadi perhatian bagi masyarakat Sumatera Barat agar berhati-hati di wilayah dekat air, tebing tinggi dan perbukitan.

Sebab, ditakutkan akan adanya dampak bencana alam dari cuaca hujan dengan intensitas besar dengan angin kencang seperti tanah longsor, banjir dan pohon tumbang.

Baca Juga: 4.7 Km dari Hot Waterboom Solok Selatan, Ini Hotel Murah di Kota Solok yang Ga Bikin Kantong Jebol

Sembilan wilayah berpotensi hujan ringan adalah Batusangkar, Lubuk Sikaping, Muaro Sijunjung, Padang Aro, Payakumbuh, Pulau Punjung, Sarilamak, Sawahlunto dan Solok.

Dari sembilan daerah berpotensi hujan ringan ini ada beberapa yang hanya terjadi pada beberapa waktu saja, lainnya akan bertahan selama setengah hari bahkan seharian.

Batusangkar, Lubuk Sikaping, Muaro Sijunjung, dan Sawahlunto akan diguyur hujan saat memasuki waktu siang hari hingga menjelang sore. Untuk Pulau Punjung, hujan akan terjadi di malam hari.

Baca Juga: Rapiun Aciak Masuk 10 Besar Penyuluh Agama Award 2023 Kategori Penegak Hukum

Lalu, wilayah Payakumbuh Sarilamak dan Solok akan diguyur hujan sejak siang hingga malam hari.

Dan, untuk Padang Aro akan terjadi selama seharian, kecuali pagi hari yang akan berawan saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat