bdadinfo.com

Tol Cisumdawu Jalan Tol Terindah Indonesia, Begini Wow Indahnya, Kenapa Bukan Tol Termegah Padang Pekanbaru - News

Ini dia jalan tol terindah Indonesia pemandangannya dikelilingu tiga gunung, ngalahin tol termegah Padang Pekanbaru (bpjt.pu.go.id)

- Jalan tol terindah Indonesia tahukah kamu ruas mana kah itu.

Ternyata jalan tol terindah Indonesia bukan jalan tol ruas Padang Pekanbaru yang merupakan ruas pendukung jalan tol Trans Sumatera lho.

Padahal ruas tol Padang Pekanbaru itu sudah dilabeli tol termegah karena pembangunannya akan menembus dan mengebor perut Bukit Barisan lho.

Baca Juga: Buka Peparpenas 2023, Menpora RI Dito Ariotedjo: Bukti Dukungan Pemerintah terhadap Penyandang Disabilitas

Nah nih Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum melabeli jalan tol terindah Indonesia adalah tol Cisumdawu atau Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

Ruas tol yang belum lama ini diresmikan oleh Jokowi pada Selasa 11 Juli 2023 ini terkoneksi dengan Jalan tol Purbaleunyi dan jalan tol Cikampek-Palimanan.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan ruas tol Cisumdawu diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi kawasan yang dilalui dan menunjang akses logistik ke Pelabuhan Patimban serta Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati.

Baca Juga: Temui Pengunjuk Rasa di Masjid Raya Sumbar, Gubernur: Kita Pastikan Jiwa dan Hunian Bapak/Ibu tidak Terusik

Kenapa ruas jalan tol Cisumdawu itu dilabeli sebagai jalan tol terindah Indonesia.

Ternyata dari sisi kontur dan visual, ruas tol ini disebut terindaj karena terdapat terowongan kembar yang merupakan terowongan jalan tol terpanjang Indonesia.

Di atas terowongan ini, BPJT menambahkan ornamen tumbuh-tumbuhan yang makin memperindah lansekap tiap ruas tolnya lho.

Baca Juga: Temui Pengunjuk Rasa di Masjid Raya Sumbar, Gubernur: Kita Pastikan Jiwa dan Hunian Bapak/Ibu tidak Terusik

Kalau kamu melewati rua tol ini bisa menikmati pemandangan karena ruas ini dikelilingi oleh tiga gunung yaitu Gunung Tampomnas, Gunung Manglayang dan Gunung Patuha.

Selain punya terowongan jalan tol terpanjang Indonesia, ruas tol Cisumdawu ini punya 5 Simpang Susun yaitu Simpang Susun Pamulihan, Simpang Susun Sumedang, Simpang Susun Cimalaka, Simpang Susun Legok, Simpang Susun Ujung Jaya, dan 2 Juntion yaitu Junction Cileunyi dan Junction Dawuan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat