bdadinfo.com

Buka Peparpenas 2023, Menpora RI Dito Ariotedjo: Bukti Dukungan Pemerintah terhadap Penyandang Disabilitas - News

Menpora RI Dito Ariotedjo mengatakan Peparpenas X Tahun 2023 bukti kepedulian pemerintah dan masyarakat atas kesetaraan bagi penyandang disabilitas (Kemenpora RI)

- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyatakan Peparpenas X Tahun 2023 bukti nyata perhatian pemerintah dan masyarakat terhadap kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menpora Dito Ariotedjo saat acara pembukaan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X 2023 yang berlangsung di Palembang Sport and Convention Center, Selasa, 1 Agustus 2023.

"Perlu saya ingatkan bahwa dalam setiap penyelenggaraan acara ini, bukan semata-mata tentang meraih medali dan prestasi semata, juga bukan hanya tentang kebanggaan mewakili provinsi masing-masing,” kata Menpora Dito Ariotedjo seperti dikutip dari situs Kemenpora.

Baca Juga: Dibayar dengan Doa, Rumah Sakit di Padang Ini Berikan Layanan Gratis Cegah Stunting

“Tak sekadar mempersembahkan kejuaraan, tapi ada cinta terpendam yang lebih dalam. Peparpenas X 2023 menjadi bukti cinta dan dukungan yang meluap dari rakyat Indonesia, dari berbagai lapisan, serta dari Pemerintah, untuk kesetaraan kaum penyandang disabilitas di negeri ini," tambah Dito.

Menpora Dito juga menyatakan, acara ini bentuk dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menerapkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Melalui dukungan ini, pemerintah menjamin sepenuhnya hak berolahraga bagi sahabat-sahabat penyandang disabilitas.

Baca Juga: Lirik Lagu Dhindhora Baje Re 'Darshan Raval, Bhoomi Trivedi,' Soundtrack Rocky Aur Rani Ki Prem Kahani

"Bagi peserta yang kelak menjadi juara, diharapkan menjadi motivator dan pengingat bahwa ini hanya merupakan langkah awal dalam perjalanan kalian. Bagi atlet yang belum meraih keberuntungan, diingatkan untuk tidak patah semangat, karena usaha yang gigih tidak akan sia-sia,” kata Dito.

“Selama berlangsungnya pertandingan, semoga kita semua tetap menjunjung tinggi sportivitas, dan bersama-sama membuktikan bahwa kita para pemuda memiliki potensi dan kemampuan yang luar biasa," lanjut Dito.

Dalam rangka merayakan Peparpenas X 2023, terdapat enam cabang berprestasi yang akan dilombakan, antara lain atletik, boccia, catur, renang, tenis meja, dan bulu tangkis.

Baca Juga: Waduh! Bikin SIM Baru dan Perpanjangan di Padang Sementara Tidak Bisa Dilakukan, Ternyata Ini Alasannya

Dalam panggung spektakuler Jakabaring Sport City (JSC) Kota Palembang, Sumatera Selatan, yang mulai dari 29 Juli hingga 5 Agustus 2023.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, menegaskan bahwa semangat di balik Peparpenas tidak hanya sekadar mengadakan pertandingan, mencari bakat potensial, dan menghitung medali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat