bdadinfo.com

Landmark Kabupaten Solok, Sumbar, Ayamnya Tidak Sembarang Ayam, Pernah Jadi Cinderamata untuk Pangeran Jepang - News

Landmark Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Facebook Laskar Minang Kabau)

- Siapapun yang pernah melintas dari kabupaten Solok ke kota Padang pasti sudah tidak asing dengan landmark yang kokoh berdiri di lintas jalan tersebut, tepatnya di area perkantoran pemerintahan Kabupaten Solok.

Pada sekitar landmark dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti; taman yang bisa menjadi ruang ketiga bagi masyarakat.

Keberadaan pedagang kaki lima juga semakin menambah keramaian suasana di sekitar tugu, sehingga menjadi alternatif untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat.

Baca Juga: Miris, Kondisi Cagar Budaya di Sumatera Barat Ini Kumuh dan Hampir Roboh

Lantas, mengapa ayam dipilih sebagai landmark dari kabupaten Solok?

Ternyata jenis ayam yang berdiri kokoh tersebut merupakan spesies genetik asli daerah yang terbilang langka. Ayam tersebut bernama ayam Kukuak Balenggek.

Ayam ini berasal dari kecamatan Tigo Lurah dan kecamatan Payung Sekaki. Balenggek adalah bahasa minang yang artinya bertingkat atau bersusun - susun.

Baca Juga: Achmad Nawir, Kapten Pertama Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938 yang Berdarah Minang Asal Maninjau

Yang dimaksud bertingkat adalah suara dari ayam itu sendiri yang memiliki tingkat tidak biasa dari ayam pada umumnya, kokok dari ayam ini bisa mencapai 9 hingga 13 tingkat.

Menurut penuturan sejarah, ayam Kukuak Balenggek sudah dikenal dunia sejak 1981 berkat ketertarikan seorang Insinyur asal Belanda yang menilai kokoknya yang merdu dan bertingkat sehingga membuatnya tertarik dan memboyongnya ke negeri Belanda.

Ayam ini semakin dikenal saat dijadikan sebagai cinderamata untuk pangeran Jepang yaitu Aski Shinonomiya Fumihito oleh salah seorang pejabat pada masa itu.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Buka Lagi Pendaftaran Kursus Bahasa Korea: Buruan Daftar, Gratis!

Pada tahun 1994 sang pangeran bahkan rela datang ke Sumatera Barat untuk menyaksikan secara langsung daerah kemunculan ayam unik dan langka tersebut.

Bagi kalangan pecinta ayam, ayam Kukuak Balenggek merupakan ayam dengan kasta tertinggi, karena kualitas yang dimilikinya, semakin tinggi kukuak (kokok) sang ayam maka akan semakin tinggi nilai jualnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat