bdadinfo.com

Masih Ada Amukan Badai! Cuaca Sumatera Barat Tetap Kurang Baik Besok 26 Agustus 2023 - News

Ilustrasi (unsplash.com)




- Prediksi cuaca BMKG untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat masih tidak bersahabat untuk hari Sabtu, 26 Agustus 2023 dengan adanya potensi hujan lebat.

Tak hanya itu, ada pula peringatan dini yang berisi informasi adanya cuaca yang lebih buruk yang akan terjadi di seluruh wilayah ranah Minangkabau ini.

Mengingat hari sudah mendekati waktu akhir pekan, sebaiknya ubah rencana perjalanan liburan anda dan ganti dengan staycation.

Baca Juga: RSUD M Zein Painan Ikuti Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik 2023

Soalnya sejak hari Jumat, 25 Agustus 2023 ini cuaca di seluruh Sumatera Barat masuk ke wilayah waspada oleh BMKG yang artinya cukup berbahaya.

Dari layanan cuaca harian, Provinsi Sumatera Barat ada delapan daerah berpotensi hujan lebat disertai petir, sepuluh daerah untuk hujan ringan, dan satu daerah yang akan cerah berawan.

Wilayah potensi hujan lebat ada Bukittinggi, Agam, Pasaman, Padang Panjang, Payakumbuh, Pariaman, Padang Pariaman, dan Lima Puluh Kota.

Baca Juga: Membanggakan! BSI Sukses Raih 68 Penghargaan di Tahun 2023

Potensi hujan ringan ada Kepulauan Mentawai, Solok, Kabupaten Solok, Pasaman Barat, Sawahlunto, Dharmasraya, Pesisir Selatan, Sijunjung, Padang, dan Tanah Datar.

Sementara untuk wilayah yang satu-satunya tak memiliki curah hujan adalah Kabupaten Solok Selatan.

Kondisi cuaca di wilayah ini akan diawali dengan cerah berawan di pagi hari. Menjelang siang, langit akan dipenuhi awan, potensi awan mendung, dan akan stabil hingga malam hari.

Baca Juga: Seperti Kilat! Perjalanan Jambi ke Palembang Bisa 3 Kali Lebih Cepat Pakai Tol Ini, Penyambung JTTS Terbaik

Nah, setidaknya ada satu wilayah yang bisa dijadikan tujuan wisata untuk menggunakan libur di awal akhir pekan Sabtu nanti.

Di wilayah kabupaten ini terdapat beberapa wisata menarik seperti Wisata Rumah Gadang Minangkabau, Goa Batu Kapal, Kebun Teh Liki, dan beberapa pemandian dan air terjun.

Akan tetapi, perlu diwaspadai juga bila cuaca sudah menggelap dan awan mendung, jauhi wilayah berpotensi bencana alam seperti arus sungai, banjir atau tanah longsor.

Baca Juga: Desa Kampung Baru Kota Pariaman Gelar Pelantikan PAW Anggota BPD dan Pengukuhan Bundo Kanduang

Kalau begitu, ada baiknya bagi anda untuk habiskan liburan awal akhir pekan dengan staycation di rumah saja.

Atau bisa saja menyewa penginapan jika ingin tetap berlibur di daerah wisata seperti di Bukittinggi, Padang, atau Sawahlunto.

Selain itu, terdapat juga peringatan dini untuk waspada potensi cuaca buruk yang akan terjadi hari Sabtu nanti.

Baca Juga: Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan Pesisir Selatan Laksanakan Lokmin Lintas Sektor

Cuaca buruk tersebut berupa hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang atau bisa disebut juga dengan hujan badai.

Hujan badai ini diprediksi akan terjadi pada waktu siang hari hingga sore hari di beberapa wilayah Sumatera Barat.

Diantaranya ada Pasaman, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Padang Pariaman, Pariaman, Pesisir Selatan, Sawahlunto, Solok Selatan, Kabupaten Solok, Sijunjung dan sekitarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat