bdadinfo.com

Terowongan Mahal Banget! Inilah Alasan Mengapa Jalan Tol Padang – Pekanbaru Dilirik Investor Asing - News

Ilustrasi terowongan. (dok. Data Indonesia)

- Proyek pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru hingga saat ini masih terus berjalan.

Jalan Tol Padang Pekanbaru merupakan proyek Pemerintah untuk membuat Pulau Sumatera setara dengan Pulau Jawa dari segi infrastruktur.

Investor asing dari negara-negara lain dikabarkan ikut membiayai pembangunan jalan tol Padang Pekanbaru sepanjang 254.8 kilometer.

Baca Juga: Kisah Nyata Pria Amerika Berdoa Didatangi Iblis hingga Akhirnya Mualaf

Selain itu, investor asing yang datang tidak hanya memantau perkembangan dalam pembangunan terowongan, tetapi juga memastikan rencana proyek ini bisa diselesaikan.

Terdapat beberapa Investor asing yang bekerja sama dengan PT. Hutama Karya sebagai pihak yang memimpin dan bertanggung jawab dalam proses pembangunan jalan tol tersebut.

Seperti Japan International Cooperation Agency (JICA) dari Jepang, lalu ada beberapa Investor dari negara China, Turki dan Amerika Serikat yang bersedia untuk membantu dalam proyek pembangunan jalur tol Padang - Pekanbaru.

Baca Juga: Masih Mangkrak, Ini Fakta Stadion Utama Sumatera Barat Katanya Melebihi Stamford Bridge dan Goodison Park

Namun, ketiga negara selain Jepang tersebut hingga saat ini masih berdiskusi dengan Pemerintah Indonesia.

Pembangunan terowongan pada jalur tol Padang Pekanbaru menjadi magnet selanjutnya bagi investor asing.

Sejak 27 Oktober 2022 lalu, Pembangunan terowongan di Jlaan Tol Padang – Pekanbaru tersebut telah menghabiskan biaya sebesar Rp9 Triliun, seperti dilansir dari kanal Youtube Minang Yes, Rabu, 20 Agustus 2023.

Baca Juga: Bunda PAUD Ny. Genny Hendri Septa Apresiasi Peragaan Manasik Haji Murid TK se Kota Padang

Hingga saat ini, terowongan untuk Tol Padang-Pekanbaru masih dalam proses penyelesaian dengan menggunakan mesin bor TBM (Tunnel boring machine) dari Jepang milik JICA.

Mesin bor TBM bisa digunakan dalam pengoperasian selama 24 jam setiap harinya, dan untuk melubangi perbukitan yang letaknya tidak begitu jauh dari jalur kelok 9.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat