bdadinfo.com

15 Pahlawan Nasional Asal Minang Punya Peran Besar Dalam Sejarah Indonesia - News

Daftar Pahlawan Nasional asal Minang Foto: Ist

- Keberadaan orang minang sebagai salah satu etnis di Indonesia yang berasal dari Sumbar memiliki sumbangsih yang besar dalam perjalanan panjang Indonesia sebagai Pahlawan Nasional.

Sumbangsih besar orang minang tersebut telah dimulai dari era perjuangan kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan Indonesia.

Hampir semua orang minang pada era tersebut memberikan pemikiran-pemikiran yang besar mengenai konsep berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Jumlah Pahlawan Indonesia, Terbanyak di Jawa Tengah Paling Sedikit DKI Jakarta

Baca Juga: 6 Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba, Dijamin Tambah Terus!

Baca Juga: Penting Tahu, Ini 8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas Rupiah

Bahkan tiga dari empat pendiri bangsa itu adalah orang minang, yakni Muhammad Hatta, Sutan Syahrir, dan Tan Malaka, sedangkan satu orang lagi adalah Soekarno yang juga menikah dengan Fatmawati yang merupakan orang minang.

Adapun telah merangkum 15 orang minang yang memberikan sumbangsih besar terhadap bangsa Indonesia bahkan telah ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

1. Muhammad Hatta

Dr. (H.C) Drs. H. Mohammad Hatta alias Bung Hatta merupakan tokoh nasional yang lahir di Bukittinggi, Sumbar pada 12 Agustus 1902.

Bung Hatta adalah pejuang nasional, konseptor pancasila, dan undang-undang dasar 1945. Bahkan beliau menjadi wakil presiden pertama Indonesia bersama dengan Soekarno yang menjadi presiden.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan 8 Pengusaha Muda Sukses Berdarah Minang: dari YouTuber Terkenal Hingga Pendiri Ruang Guru

2. Tan Malaka

Tan Malaka yang bernama asli Sutan Ibrahim Datuak Tan Malaka merupakan salah satu tokoh nasional yang lahir di Suliki, Lima Puluh Kota, Sumbar pada 2 Juni 1897.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat