bdadinfo.com

Yuk Dicek! Inilah10 Tips Syarat Utama Lolos CPNS 2023 yang Dapat Anda praktekan - News

Yuk Dicek! Inilah10 Tips Syarat Utama Lolos CPNS 2023 yang Dapat Anda praktekan/Indihome

 

 – CPNS 2023 segera dibuka. Bagaimana sih teknik Anda untuk dapat lolos CPNS di tahun ini? 

Ya, agar dapat lolos CPNS, kamu juga harus punya teknik sendiri mengingat kamu akan bersaing dengan jutaan orang dari seluruh Indonesia.

Nah, kalau begitu, jelas kamu harus punya cara ampuh yang membuat kamu dapat lolos CPNS. Berikut ini tips lolos CPNS yang dapat kamu ikuti:
 
Baca Juga: Temui Pelaku UMKM Riau, Wamendag Jerry Sambuaga Dorong Inovasi Produk

1. Rencanakan jadwal belajarmu

Tips lolos CPNS yang pertama adalah merencanakan jadwal belajar untuk dapat mengasah soal-soal ujian SKD. Sempatkanlah waktu belajar secara intensif untuk berlatih kisi-kisi, mempelajari soal, dan membaca beberapa materi.

2. Giatlah latihan soal-soal test

Seperti kata pepatah “practice makes perfect”. Nah begitu juga ketika Anda dapat lolos seleksi CPNS di tahun ini. Rajinlah melatih diri dengan mengerjakan soal-soal test guna mempersiapkan diri dari hari sebelumnya.

Seperti yang kita sudah ketahui di CPNS kamu akan ada dua kali melalui tes, pertama tes SKD Seleksi Kemampuan Dasar) dan kedua SKB (Seleksi Kemampuan Bidang).
 
Baca Juga: Download Pengadaan Formasi CPNS 2023 PDF Berbagai Instansi Lengkap, dari Pemerintah Pusat hingga Daerah

Sekarang, tidak sulit buat menemukan contoh soal-soal CPNS. Kamu dapat berlatih soal-soal CPNS melalui soal yang kamu temukan di internet melalui buku soal atau aplikasi yang menyediakan soal CPNS.

3. Mengenali materi CPNS dan Mempelajari kisi-kisi

Jangan sampai kamu mengabaikan hal ini dari tips lolos CPNS! Cobalah untuk mencari tahu seperti apa materi dan kisi-kisi CPNS di tahun lalu.

Anda dapat menemukan kisi-kisi tersebut dalam aplikasi atau buku yang bisa menjadi arahan untuk belajar tes CPNS.

4. Ikut kelompok bimbel atau belajar

Belajar sendiri buat berbagai orang kadang terasa berat dan cepat membuat ngantuk. Apakah Anda termasuk tipe seperti itu?
 
Baca Juga: Telepon Pak Basuki, Erick Thohir Pastikan Laga Derby Jatim Tetap Digelar di GBT

Nah, anda dapat mengatasi masalah belajar anda dengan membentuk kelompok belajar bersama teman-teman atau ikut bimbel CPNS baik tatap muka atau kelas online.

5. Seringlah update informasi mengenai CPNS

Hal penting selanjutnya ialah pastikan anda selalu mengikuti informasi terbaru terkait CPNS.

Karena bukan tidak mungkin ada perubahan ketentuan tanggal atau dapat jadi BKN memberikan kisi-kisi terkait tes seleksi.

6. Persiapan dokumen yang dibutuhkan

Mengingat kelengkapan dokumen ialah syarat mutlak tips lolos CPNS 2023 ini tidak dapat kamu lewatkan.
 

Semoga Anda sudah menyiapkan semua kebutuhan dokumen untuk pendaftaran lengkap dan Jangan lupa,  siapkan lagi apakah semua dokumen yang valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi atau formasi yang dibuka.

7. Perhatikan passing grade

Tidak ada salahnya juga kamu memperhatikan passing grade supaya tidak gagal.

Memang bagaimana sih passing grade dalam tes CPNS? Mari pelajari sistem passing grade dari pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2019.

Di CPNS 2019, passing grade dicantum dalam Permenpan RB No. 24 Tahun 2019.
 
 
Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2019 semua pelamar dengan jalur formasi umum dan formasi khusus

tenaga pengamanan siber (cyber security) wajib dapat menempuh passing grade sebesar 126 guna Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Tes

Wawasan Kebangsaan (TWK) danAnda dinyatakan lulus bila passing grade perbagian (TKP, TIU, TWK) memperoleh nilai SKD minimal 271 poin dari jumlah 100 soal.

8. Istirahatkan pikiran sebelum ujian dimulai

Saat kamu telah mendekati hari ujian, usahakan untuk istirahatkan pikiran dan sementara, jauhkan dulu  materi, latihan soal, dan lainnya. Inilah cara terbaik untuk menghindari cemas yang kamu alami.

Pikiran yang tenang akan memudahkan kamu ketika mengerjakan soal ujian.
 
Baca Juga: Mengaku Bukan Petugas Partai, Ganjar Didukung Pengamat Politik Saidiman Ahmad: Partainya Sendiri Kritis

Apalagi nanti kamu akan mengerjakan soal tes berbasis CAT yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Jangan sampai karena kelelahan justru menyulitkan kamu ketika mengerjakan soal.

9. Pahami lokasi tes

Tips lolos seleksi CPNS berikutnya, datanglah lebih awal ke lokasi tesnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti tersesat menuju lokasi, terjebak macet, dan lainnya. Datang lebih awal pun membantu kamu untuk lebih tenang.

10. Teliti dan memperhatikan waktu

Saat mengerjakan soal-soal SKB dan SKD kamu wajib lebih teliti karena banyak soal-soal tes yang menjebak sama dengan jawaban yang kembar. Dengan teliti, kamu juga dapat menjawab soal dengan cepat dan tepat.
 
Baca Juga: Ini Pandangan 3 Capres Tentang Penyelesaian Proyek JTTS: Anies - Ganjar Gas Terus, Prabowo No Comment

Perlu kamu ketahui dalam tes CPNS akan memperhatikan waktu ialah hal yang penting. Jangan sampai kamu membuang banyak waktu untuk mengerjakan satu soal.

Kerjakan terlebih dahulu soal yang menurut anda mudah dipahami seperti soal yang sifatnya hafalan. Tentunya jenis soal ini tidak akan memakan banyak waktu yang lama dibanding soal hitungan atau logika atau.***



Terkini Lainnya

Tautan Sahabat