bdadinfo.com

Terkini! Progres Proyek Strategis Nasional oleh Menko Perekonomian, Airlangga: Hingga Oktober Rampung 170 PSN - News

Menko Perekonomian sampaikan progres proyek Strategis Nasional (PSN) (asiatoday.id)

- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyatakan bahwa dalam kurun waktu delapan tahun pada 2016-Oktober 2023 pemerintah sudah menyelesaikan sebanyak 170 proyek strategis nasional (PSN).

Hal tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian selesai mengikuti rapat secara terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis 5 Oktober 2023.

Selain itu, telah dilaporkan kepada Presiden bahwa hingga pada 4 Oktober sudah diselesaikan 170 proyek PSN dengan anggaran investasi sebesar Rp1.299,41 triliun dan ada 61 proyek yang masih dalam tahap konstruksi sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

Baca Juga: Intip Riwayat Karier Luhut Binsar Pandjaitan: Dari Militer, Pemerintahan, Hingga Bisnis Semuanya Dibabat

Beberapa proyek tersebut yang telah berada di sejumlah sektor adalah pembangunan infrastruktur konektivitas diantara pelabuhan, kereta api, tol hingga bandar udara, pengembangan kawasan, peningkatan ketahanan energi dan hilirisasi industri, penyediaan infrastruktur dasar, sistem penyediaan air minum (SPAM), irigasi, bendungan, jaringan telekomunikasi serta teknologi, pendidikan, perkebunan dan pariwisata.

“Pembangunan dari jalan tol, pelabuhan, high speed train Jakarta-Bandung, ini juga sudah rampung senilai Rp125,7 triliun dan Lintas Raya Terpadu Rp29,9 triliun, kemudian beberapa kawasan industri dan bendungan, Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Serpong-Cinere, dan Tol Pasuruan,” ujar Airlangga sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

Menko Perekonomian mengatakan bahwa terdapat 16 proyek PSN yang akan rampung dan diresmikan secepatnya seperti Jalan Tol Kisaran-Tebing Tinggi, Makassar New Port, Pelabuhan Likupang, sejumlah bendungan dan Tangguh LNG Train 3.

Baca Juga: Ingin Tetap Aktif Menghadapi Cuaca Panas? Ikuti Tips Berikut Ini bagi Kamu yang Punya Aktivitas Padat

Sementara tahun 2024, Airlangga menambahkan terkait pemerintah menargetkan untuk dapat merampungkan sejumlah 25 PSN pada 20 Oktober 2024 dengan anggaran investasi sebesar Rp151,48 triliun.

Proyek termasuk jalan tol, bandara, kawasan industri, Benoa Maritime Tourism Hub, kampus Universitas Islam Indonesia dan kawasan industri.

Selain itu, proyek yang ditargetkan pada periode 20 Oktober sampai dengan Desember 2024 adalah sejumlah 12 proyek menelan anggaran sebesar Rp23,45 triliun.

Baca Juga: Jangan Keliru Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung! Hadir dengan Dua Jenis Warna, Apa Perbedanya?

Di samping itu, adapun 42 proyek yang penyelesaian pembangunannya sampai tahun 2024.

“Terdapat proyek yang konstruksinya sudah berjalan, beroperasi setengahnya dan penyelesaiannya sampai pada tahun 2024. Jadi, inilah jumlah proyeknya ada 42 dengan anggaran sebesar Rp1.427,36 triliun karena sifat proyeknya sudah berjalan dan finansialnya sudah closing tentunya ini proyek berlanjut sampai selesai,” tandas Airlangga.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat