bdadinfo.com

Super Ngebut! Provinsi Jambi Akhirnya Punya Tol Pertama yang Tuntas di Tahun 2024, Ruas Tol Manakah itu? - News

Super Ngebut! Provinsi Jambi Akhirnya Punya Tol Pertama yang Tuntas di Tahun 2024, Ruas Tol Manakah itu? (ilustrasi foto pu.go.id)

Pemerintah saat ini terus mengupayakan pembangunan infrastruktur yang mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di seluruh negeri.

Pembangunan pun kini tak lagi Jawa sentris melainkan Indonesia sentris.

Salah satu mega proyek yang sedang berlangsung adalah pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

Pembangunan projek ini dikerjakan super ngebut, salah satu ruas tol ini ditargetkan tuntas di tahun 2024 mendatang dan akses hingga ke Lampung.

Ruas tol yang dimaksud ada pada provinsi Jambi sekaligus menjadi tol pertama yang bisa tuntas pengerjaannya pada tahun 2024.

Baca Juga: Estimasi Waktu Tempuh Padang Bukittinggi Terpangkas Jadi Segini, Bebas Macet Jika Tol Padang Pekanbaru Rampung

Yakni pada salah satu ruasnya yaitu tol Betung – Tempino - Jambi seksi 3 Bayung Lencir - Tempino yang sedang dikebut pengerjaannya.

Proyek ini akan menghubungkan provinsi Sumatera Selatan dengan provinsi Jambi dan akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap wilayah Sumatera serta berpotensi untuk mengubah lanskap ekonomi di pulau tersebut.

Jalan tol Bayung Lencir - Tempino memiliki peran yang sangat penting karena akan menjadi jalan tol pertama di Provinsi Jambi yang langsung terhubung dengan provinsi Sumatera Selatan serta Lampung.

Baca Juga: Jika Jalan Tolnya Rampung, Estimasi Waktu Tempuh Jakarta Jambi Terpangkas Jadi Segini

Kehadiran jalan tol ini akan menjadi tulang punggung transportasi di lintas Timur Sumatera dan direncanakan tuntas pada tahun 2024 mendatang.

Adapun investasi yang dibutuhkan untuk membangun tol Bayung Lencir - Tempino mencapai Rp2,76 triliun.

Pembiayaan proyek ini dilakukan melalui dua skema konstruksi yaitu kerja sama pemerintah dan badan usaha KPBU sepanjang 136,3 km serta skema konstruksi pemerintah sepanjang 33,63 km.

Baca Juga: Kebut-kebutan Progres Jalan Tol dari Total 8 Provinsi di Sumatera, Tinggal Jambi dan Sumbar yang Belum Punya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat