bdadinfo.com

Jangan Sampai Menyesal! Kurangi Faktor Risiko Stroke dengan Gaya Hidup Sehat, Berikut Macam-Macam Asupan Nutrisi yang Harus Diperbanyak dan Dibatasi - News

Jangan Sampai Menyesal! Kurangi Faktor Risiko Stroke dengan Gaya Hidup Sehat, Berikut Macam-Macam Asupan Nutrisi yang Harus Diperbanyak dan Dibatasi (Dok. ayosehat.kemkes.go.id)

Stroke adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi sebagian besar orang.

Untuk itu masyarakat harus mulai lebih memperhatikan beberapa faktor risiko dan tindakan pencegahannya.

Serangan penyakit stroke dapat dicegah dengan mengontrol faktor risikonya serta menjaga pola hidup sehat.

Baca Juga: Penderita Diabetes dan Hipertensi Waspada! Kenali Gejala dan Tindakan Pencegahan dari Serangan Stroke Ringan

Stroke ditakuti karena bahayanya yang bisa menyebabkan kelumpuhan, koma, bahkan kematian.

Untuk kelumpuhannya sendiri dapat terjadi pada sistem anggota tubuh terutama anggota gerak seperti tangan, kaki dan anggota gerak lainnya yang tidak bisa melakukan gerak lagi  atau tidak berfungsi seperti biasanya.

Sementara itu, koma yang disebabkan karena stroke menjadi situasi darurat medis ketika seseorang mengalami gangguan kesadaran dalam jangka waktu tertentu karena menurunnya aktivitas dalam otak.

Baca Juga: Serba-serbi Stroke Ringan dan Perbedaannya dengan Stroke, Segera Lakukan Tes Kesehatan Ini Jika Pernah Mengalami

Kemudian untuk risiko kematian pada penderita stroke ini dapat disebabkan stroke hemoragik (pendarahan) maupun non hemoragik (bukan pendarahan) yaitu kondisi dimana pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, Faktor resiko stroke ada 2 yaitu:

Tidak bisa diubah, seperti: jenis kelamin, ras tertentu, umur dan genetik.

Dapat diubah, seperti: hipertensi, diabetes mellitus, sakit jantung, kurang aktivitas, obesitas, merokok dan konsumsi alkohol.

Baca Juga: Jangan Sarapan dengan Kombinasi Telur dan Kopi, Coba Ide Menu Makan Pagi yang Sehat dan Kaya Nutrisi Ini

Menurut Dokter spesialis saraf RS Imanuel Way Halim, dr Ruth Mariva SpS, faktor risiko utama stroke adalah darah tinggi, kencing manis dan penyakit jantung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat