bdadinfo.com

Jalan Tol Layang Terpanjang Membentang Indah Ini Dinamai Shekh Mohammed Bin Zayed oleh Jokowi, kok Bisa? - News

 Tol layang MBZ terbangun indah di atas Kota Bekasi sampai Karawang (bpjt.pu.go.id)

HARIAHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia secara resmi menetapkan nama Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) sebagai nama baru untuk Jalan Layang di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Perubahan ini membuat nama sebelumnya, Tol Layang Cikampek atau Japek II, diganti menjadi Tol MBZ, mengakomodasi latar belakang yang memberikan penghargaan khusus kepada Sheikh Mohamed Bin Zayed.

Peresmian penamaan jalan layang ini dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diadakan di lokasi akses masuk Jalan Layang Tol Arah Cikampek Km 10 A Jakarta - Cikampek.

Baca Juga: Aislinn Konig, Pebasket Cantik yang Menjadi Kekasih Sandy Walsh, Berikut Profil Lengkapnya

Upacara tersebut menjadi penanda sejarah sebagai perubahan nama untuk jalan layang terpanjang di Indonesia.

"Pagi ini, atas perintah langsung dari Bapak Presiden, saya dan Pak Basuki, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melaksanakan tugas untuk meresmikan perubahan nama jalan Layang yang membentang sepanjang lebih dari 36 kilometer. Ini menjadikannya sebagai jalan Layang terpanjang di Indonesia," ujar Pratikno sebagaimana dikutip .

Sejak tahun 1976, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) telah berjalan selama lebih dari 45 tahun.

Baca Juga: Mantap! Dua Provinsi di Papua akan Terhubung dengan Jembatan Baru Senilai Rp200 Miliar, untuk Apa?

"Keteguhan hubungan antara kedua negara ini semakin hari semakin kuat, terwujud dalam kedekatan di bidang sosial budaya dan pertumbuhan kerjasama ekonomi yang positif," terang Pratikno.

Dalam sektor ekonomi, Pratikno memberikan penjelasan bahwa investasi dari Uni Emirat Arab (UEA) merupakan salah satu investasi terbesar di Indonesia.

Investasi tersebut tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga mencakup dukungan besar terhadap Indonesia Investment Authority.

Baca Juga: Lanjutkan Tren Positif, Florentino Perez Senyum Sumringah usai Real Madrid Rebut Piala Super Spanyol 2024

Pentingnya perubahan nama Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek (Japek) II Elevated ini juga terkait dengan pencanangan nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi.

“Jalan Presiden Joko Widodo telah diumumkan di Abu Dhabi, menandakan sebuah jalan utama yang strategis antara Abu Dhabi National Exhibition menuju kompleks kedutaan,” ujar Pratikno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat