bdadinfo.com

Langkah Mahfud MD Mengundurkan Diri Jadi Sorotan, Pengamat Sebut Dilema Positioning di Pilpres 2024 - News

Potret Mahfud MD yang diisukan akan mundur dari jabatannya.  (Instagram @mohmahfudmd)

Menteri Koordinator Politik, dan Keamaan (Menkopolhukam) sekaligus cawapres nomor urut 3, Mahfud MD diisukan akan mengundurkan diri dari jabatannya.

Langkah tersebut akan diambil oleh Mahfud MD untuk menghindari kepentingan politik di pilpres 2024.

Meski tidak disampaikan secara jelas kapan pengunduran dirinya, namun Mahfud MD memastikan pengunduran dirinya diwaktu yang tepat.

Baca Juga: Spesifikasi Oppo Reno10 5G : Smartphone Pendahulu Oppo Reno11 dengan MediaTek Dimensity 7050

"Tolong dengarkan baik-baik semuanya, apa yang disampaikan Pak Ganjar ke publik adalah kesepakatan saya dengan Pak Ganjar sejak awal," ujar Mahfud.

"Nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik, jadi tidak ada pertentangan antara saya dan Pak Ganjar," sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi menyebut langkah pengunduran diri Mahfud merupakan upaya agar lebih leluasa mengkritik pemerintahan Jokowi.

Baca Juga: Mahfud MD Diisukan Mengundurkan Diri sebagai Menkopolhukam, Pengamat Politik: Berpotensi akan Ada Aksi-aksi Lanjutan

Selain itu, langkah tersebut juga secara tidak langsung telah menutupi dilema positioning dari paslon nomor 3 yakni Ganjar - Mahfud di pilpres 2024.

"Dilema itu terjadi terutama pasca Prabowo - Gibran didaftarkan ke KPU, sebelumnya tidak ada dilema," kata Burhan.

"Karena pasangan ini menurut saya punya legitimasi untuk mengusung narasi keberlanjutan, apalagi Pak Jokowi dan Mas Ganjar kan berasal dari PDI Perjuangan," sambungnya.

Baca Juga: Oke Gaspol! Riau-Sumbar Sedetik Lagi Tersambung Jalan Tol Super Canggih pada April 2024, Bikin Sumbar-Riau Semakin Lengket seperti Perangko?

Burhanuddin juga mengatakan bahwa strategi politik dari pasangan Ganjar - Mahfud yang semula keberlanjutan perlahan kini beroposisi kepada pemerintah.

Dan langkah pengunduran diri Mahfud sudah tepat apabila akan menjadi oposisi dan melakukan kritik kepada pemerintahan Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat