bdadinfo.com

Kalimantan Timur Resmi Bentuk Kota Baru Seluas 497,57 Km2! Jejak Sebuah Pemekaran pada 4 Oktober - News

Kalimantan Timur Resmi Bentuk Kota Baru Seluas 497,57 Km2 (Tangkap Layar google.maps.com)

- Pada suatu momen bersejarah, tepatnya pada tanggal 4 Oktober 1999, Kalimantan Timur menciptakan lembaran baru dalam buku sejarahnya.

Kota Bontang, sebuah entitas urban yang megah dan berkilau, lahir dari sebuah proses pemekaran yang penuh makna, meresapi sentuhan kehidupan dan perkembangan di wilayah ini.

Baca Juga: Makin Gencar! Dumai Bakal Kedatangan Jembatan Baru Duplikat Terpanjang di Kepulauan Riau, Kapan Rampung?

Kisah Kota Bontang tak dapat dipisahkan dari konteks pemekaran Kalimantan Timur yang terjadi pada saat yang bersamaan dengan beberapa kabupaten lainnya.

Sebuah tonggak bersejarah yang dicatat melalui Undang-Undang Nomor 47 Tahun 1999, yang melibatkan tanda tangan presiden serta pengesahan resmi oleh Kemendagri dan DPR RI di Jakarta.

Sebagai produk dari pemekaran Kabupaten Kutai Kartanegara, yang pada saat itu menjadi Kabupaten Kutai, Kota Bontang menjadi salah satu dari empat daerah otonom baru yang terbentuk dari pecahan Kabupaten Kutai.

Baca Juga: Hasil Real Count KPU Pilpres 2024 per 20 Februari 2024: Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka Kuasai Pulau Jawa

Dengan luas wilayah mencapai 497,57 km2, kota ini menjelma di utara Kabupaten Kutai Kartanegara, menjaga jarak sekitar 120 km dari ibukota provinsi, Kota Samarinda.

Sementara luas Kota Bontang relatif kecil, namun keberadaannya menjadi pusat kegiatan ekonomi yang cemerlang.

Keberhasilan ini terutama dipersembahkan oleh kehadiran beberapa perusahaan besar di wilayah ini.

Baca Juga: Jembatan Bulan! Kalimantan Utara dan Tiongkok Bersinergi Membangun Koneksi Megah Senilai Rp7,7 Triliun, Punya 5 Titik Bentang

Badak NGL, perusahaan gas alam; Pupuk Kalimantan Timur, dan Indominco Mandiri, perusahaan batubara, adalah contoh nyata kontribusi sektor industri pada pertumbuhan dan perkembangan Kota Bontang.

Namun, keunikan Kota Bontang tak hanya terletak pada perkembangan ekonominya. Nama "Bontang" sendiri membawa sejumlah cerita dan interpretasi.

Baca Juga: Pemimpin Idola dan Nilai Kepemimpinan, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat