bdadinfo.com

3 Jalan Tol ini Jadi yang Paling Istimewa Se-Indonesia, Paling Beda dan Tidak Ada Duanya: Sumbar Mau Mengalahkan Tapi Proyeknya Belum dibangun! - News

Jalan Tol Bali Mandara yang berada di Pulau ali, jalan tol ini menjadi salah satu jalan tol paling istimewa ynag ada di Indonesia. (Instagram: kemenpupr)

- Pembangunan infrastruktur di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini begitu masif dilakukan.

Sejumlah pembangunan infrastruktur besar dilangsungkan di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah proyek pembangunan jalan tol.

Beberapa proyek raksasa jalan tol saat ini tengah dikebut dan terus didorong konstruksinya, salah satunya adalah mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Deretan 5 Fakta yang Membuat Nama Sumatera Barat Harum dan Tersohor di Dunia Internasional: Cuma Sumbar yang Punya ini! 

Menariknya, di antara puluhan proyek pembangunan jalan tol yang ada di Indonesia, terdapat 3 (tiga) jalan tol yang paling istimewa, paling beda dan tidak ada duanya.

Berikut tiga jalan tol yang dibangun dengan konsep yang paling beda daripada proyek jalan tol yang lain.

  1. Jalan tol di atas laut

Jalan Tol Bali Mandara yang ada di Pulau Bali merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang pembangunannya dilakukan di atas laut.

Baca Juga: Waduh! Proyek Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara-Aceh ini Konstruksinya Masih 0 Persen di Tahun 2024: Pemerintah Kehabisan Bensin?

Jalan Tol bali Mandara memiliki panjang lintasan 12,7 kilometer dan menjadi satu-satunya jalan tol yang berada di atas laut.

Jalan Tol Bali Mandara ini juga merupakan satu-satunya jalan tol yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua yang diperbolehkan melintas di sebuah jalur khusus.

  1. Jalan tol bernada

Jalan tol bernada atau tol bernyanyi ini memang sebuah mahakarya dimana sebuah bangunan infrastruktur bisa mengeluarkan nada.

Baca Juga: Murah Banget! Palembang-Prabumulih Lewat Tol JTTS Cuma Perlu Bayar Segini: 45 Menit Sudah Sampai dan Tidak Mahal 

Jalan Tol Ngawi Kertosono Kediri ini merupakan jalan tol yang bisa bernyanyi ketika ada kendaraan yang melintas di atasnya.

Lokasinya berada pada KM 616 dan KM 644+200 B (arah Madiun-Solo) yang akan mengeluarkan nada apabila mobil bergerak di kecepatan 80-100 km/jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat