bdadinfo.com

JTTS Dikebut Mati-matian, Tol Sepanjang 196 Km Siap Dituntaskan di Bulan Juni 2024: 9 Diantaranya Bakal Dioperasikan!  - News

Ilustrasi mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikabarkan akan bertambah sepanjang 196 km di bulan Juni 2024. 9 ruas jalan tol juga diupayakan bisa beroperasi. (Instagram: pupr_bpjt)

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus dikebut tahap konstruksinya oleh pihak pengembang jalan tol.

Memasuki tahun terakhir dari pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, mega proyek ini akan digenjot semaksimal mungkin.

Diketahui, salah satu pihak pengebang Jalan Tol Trans Sumatera yaitu PT Hutama Karya, menargetkan beberapa ruas jalan tol yang akan dituntaskan tahap konstruksinya di pertengahan tahun 2024 ini.

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin Sudah Hampir Selesai, Sumatera Barat Siap Bebaskan Macet: Dulu Berjam-jam Sekarang Jadi Cuma 30 Menit!

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, percepatan ini diharapkan mampu untuk memperkuat konektivitas transportasi darat di wilayah Sumatera.

Lebih lanjut, pihaknya ingin merampungkan sekitar 196 km jalan tol yang tersebar di sejumlah daerah di Pulau Sumatera pada bulan Juni tahun 2024 ini.

Disebutkan bahwa hal tersebut sejalan dengan target yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Baca Juga: Buktikan Tajinya, Jembatan Sepanjang 1,3 Km yang Dananya Nyaris Rp1 Triliun di Sulawesi ini Jadi Andalan Baru: Bikin Perjalanan Nggak sampai 5 Menit!

Hutama Karya menargetkan 5 (lima) ruas Jalan Tol Trans Sumatera Tahap 1 (satu) sepanjang 196 km dapat selesai pada Semester 1 tahun 2024 ini.

Selain itu, Hutama Karya mengupayakan terbitnya 9 (sembilan) Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Dengan terbitnya Sertifikat Laik Operasi, maka ruas jalan tol yang selesai nantinya dapat dilalui oleh masyarakat dan para pengguna jalan tol. 

Baca Juga: Ajaib! Jembatan Megah di Sulawesi Tenggara ini Sanggup Pangkas Perjalanan yang dulu 30 Menit jadi Cuma 3 Menit: Cepatnya Hampir Tidak Masuk Akal 

Sementara itu target penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera Tahap 1 yang dikerjakan Hutama Karya meliputi lima ruas dengan total panjang 196 km sebagai berikut.

  1. Jalan Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 1 Padang Tidji–Seulimum sepanjang 25 km;

  2. Jalan Tol Binjai–Langsa Seksi 3 Tanjung Pura–Pangkalan Brandan sepanjang 19 km;

  3. Jalan Tol Indrapura–Kisaran Seksi 2 Lima Puluh–Kisaran sepanjang 32 km;

  4. Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat Seksi 3 dan 4 Tebing Tinggi–Pematang Siantar sepanjang 58 km;

  5. Jalan Tol Padang–Pekanbaru Seksi 1 Padang–Sicincin sepanjang 37 km, dan Seksi 5 Bangkinang–Pangkalan Tahap 1 (Bangkinang–Koto Kampar) sepanjang 25 km.

Baca Juga: Dilewati Nyaris 9 Ribu Kendaraan Setiap Harinya, Jalan Tol di Sumatera Utara Jadi Andalan Baru Perjalanan Antar Provinsi: Ke Riau Makin Cepat!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat