bdadinfo.com

Resmi Ditetapkan Presiden RI! Kabupaten Miliki Potensi Minyak Bumi Terbesar Ini Langsung Bergegas Meninggalkan Provinsi Aceh - News

ibu kota Kabupaten Simeulue terletak di Sinabang, yang jika diucapkan dengan logat daerah disebut Si Navang, yang mengambil nama dari legenda Navang.

 

- Tanah rencong merupakan julukan Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia yang ibu kotanya berada di Banda Aceh.

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus.

Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.

Baca Juga: Rapat Pimpinan, Menteri ATR/Kepala BPN Tekankan Sinkronisasi Antar Jajaran

Menurut hasil sensus Badan Pusat Statistik tahun 2021, jumlah penduduk provinsi ini sekitar 5.333.733 jiwa, dan pada akhir tahun 2023 berjumlah 5.515.839 jiwa.

Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman.

Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala dan Laut Andaman di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Baca Juga: Manfaat Keanggotaan Indonesia di OECD

Aceh dianggap sebagai tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia dan memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara.

Pada awal tahun 710–1522 M, Kesultanan Samudera Pasai adalah status Wilayah protektorat Kesultanan Utsmaniyah (1569–1903) lalu menjadi Kesultanan Aceh saat itu adalah negara terkaya, terkuat, dan termakmur di kawasan Selat Malaka.

Sejarah Aceh diwarnai oleh kebebasan politik dan penolakan keras terhadap kendali asing, termasuk bekas penjajah Belanda dan dulu pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Unggah Video Hoax Kadar Bromat Tinggi dalam Le Minerale, Gerald Vincent kena Semprot Influencer: Data dari Mana?

Jika dibandingkan dengan dengan provinsi lainnya, Aceh adalah wilayah yang sangat konservatif (menjunjung tinggi nilai-nilai agama).

Persentase penduduk Muslim-nya adalah yang tertinggi di Indonesia dan mereka hidup sesuai Syari'at Islam (hukum Islam). Berbeda dengan kebanyakan provinsi lain di Indonesia, Aceh memiliki otonomi yang diatur tersendiri karena alasan sejarah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat