bdadinfo.com

Sepanjang 2.816 KM Jalan Tol Telah Beroperasi di Indonesia, JTTS Berhasil Membuntuti Trans Jawa: Masih Kalah Berapa KM?  - News

Sepanjang 2.816 KM Jalan Tol Telah Beroperasi di Indonesia, JTTS Berhasil Membuntuti Trans Jawa: Masih Kalah Berapa KM?  (bpjt.pu.go.id)

Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang memiliki peran penting untuk suatu negara. Kehadiran jalan tol di Indonesia akan mendorong kelancaran peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

Adapun kegunaan lainnya yakni menjadi akses yang menghubungkan antarwilayah di 5 (lima) pulau yakni Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

Dengan keseriusan pemerintah dalam membangun jalan tol, JTTS berhasil membuntuti tol Trans Jawa. Berapa selisih panjang jalan tol di Pulau Jawa dan pulau-pulau lainnya?

Baca Juga: 5 Provinsi Sumatera Ini Jadi Incaran Turis Mancanegara! Rupanya Wisata Kuliner dan Alam Jadi Daya Tarik, Kok Sumbar Enggak Nomor 1? 

Untuk diketahui, total panjang jalan tol di Indonesia sejak tahun 1978 hingga Januari 2024 ini telah mencapai 2.816 km.

Dari total panjang tersebut, terbagi ke masing-masing pulau.

Dilansir dari laman bpjt.pu.go.id, Pulau Jawa memiliki jalan tol dengan panjang lintasan keseluruhan mencapai 1.782,47 km.

Baca Juga: Dibuka Gratis Bersamaan pada November 2023, Tol Indrapura-Lima Puluh Kini Tak Lagi Gratis: Tol Tebing Tinggi-Indrapura Kapan Mulai Dikenakan Tarif?

Dengan demikian, maka Pulau Jawa menjadi pulau di Indonesia yang memiliki jalan tol terpanjang.

Di posisi kedua, pulau di Indonesia dengan total lintasan jalan tol terpanjang adalah Pulau Sumatera.

Dengan dikebutnya pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) hingga awal 2024 ini diketahui panjang jalan tol yang membentang di Pulau Sumatera mencapai 865,43 km.

Baca Juga: Malangnya Nasib Pelabuhan Boom Baru di Sumatera Selatan, Harus Rela Mengalah Tergantikan Pelabuhan Baru Tanjung Carat karena Faktor Ini 

Kemudian pulau selanjutnya yang memiliki jalan tol dengan panjang keseluruhan terpanjang ketiga di Indonesia yakni Pulau Kalimantan mencapai 97,27 km.

Lalu di posisi keempat dan kelima diduduki oleh Pulau Sulawesi dengan panjang jalan tol mencapai 61,64 km, dan Pulau Bali yang baru 10,07 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat