bdadinfo.com

Daerah dengan Luas 2.249 KM Persegi Ini Bangun Jembatan Apung Pertama di Indonesia, Berikut Keunikannya - News

Jembatan apung pertama di Indonesia di Cilacap (Twitter @pupr_binamarga)

- Mungkin tak banyak yang tahu jika sebuah kabupaten dengan luas wilayah 2.249 km persegi ini punya infrastruktur jembatan apung yang pertama kali dibangun di Indonesia.

Jembatan dengan teknologi apung pertama di Indonesia ini sudah dibangun sejak tahun 2016 lalu dengan panjang mencapai 70 meter.

Jembatan ini adalah Jembatan Apung Kampung Laut yang berada di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Baca Juga: Peduli Korban Bencana, Zahra Mardiah Anwar Turun Langsung Bantu Korban Banjir di Pesisir Selatan

Jembatan apung dipilih sebagai solusi untuk mengatasi wilayah perairan yang memiliki struktur tanah yang labil.

Apalagi di lokasi tempat dibangunnya jembatan juga ditemukan adanya indikasi sedimen dengan kedalaman mencapai 20 meter.

Lokasi yang dipilih untuk pembangunan jembatan ini tidak memungkinkan untuk menggunakan teknologi pancang sehingga jembatan apung yang menjadi pilihan.

Baca Juga: Jembatan Aria Wangsakara! Keajaiban Terlebar di Indonesia dengan Ornamen Batik Terbesar, Catat Rekor MURI dan Kebanggaan Kota Serang

Selain karena kondisi wilayahnya, penggunaaan teknologi pancang juga dikhawatirkan akan menguras dana yang sangat besar.

Penggunaan jembatan apung diyakini memiliki biaya produksi yang lebih murah dan memiliki keunggulan yaitu mudah dipindahkan atau dibongkar pasang.

Dibangun pada rentang tahun 2016-2017, Jembatan Apung Kampung Laut memiliki panjang 70 meter dengan lebar 1,7 meter.

Baca Juga: Mallorca vs Barcelona: Blaugrana Berhasil Menang Tipis 1-0 Lewat Gol Lamine Yamal, Tempel Ketat Real Madrid di Klasemen

Sesuai dengan namanya, jembatan apung dibuat mengapung menggunakan ponton sebagai pondasi yang dapat mengikuti gerak naik-turunnya ketinggian air di kawasan jembatan.

Badan jembatan apung dibuat menggunakan material baja sedangkan pondasinya dibuat menggunakan material campuran gabungan komposit, styrofoam, hingga beton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat