bdadinfo.com

Ledakan Pembangunan! Jokowi Resmikan 14 Proyek Strategis, PIK dan BSD Torehkan Sejarah Baru hingga Bakal Lebih Maju - News

Jokowi Resmikan 14 Proyek Strategis (Pik2.com)

- Presiden Joko Widodo telah menetapkan 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru pada pertengahan Maret 2024.

Keputusan ini disampaikan setelah Rapat Internal yang dipimpin langsung oleh Presiden RI pada Senin, 18 Maret 2024.

Baca Juga: Profil Aghnia Punjabi, Selebgram yang Anaknya Disiksa Pengasuh hingga Babak Belur

Menurut rilis resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, seluruh pembiayaan proyek-proyek ini berasal dari investor swasta tanpa membutuhkan dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pengembangan 14 PSN baru tersebar di beberapa wilayah strategis, termasuk Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Proyek-proyek ini mencakup berbagai sektor, seperti industri, pariwisata, infrastruktur, pendidikan, riset, teknologi, kesehatan, dan migas lepas pantai.

Baca Juga: Tega Hajar Anak Aghnia Punjabi hingga Babak Belur, Pengasuh Terancam 5 Tahun Penjara, Identitas Akhirnya Terkuak!

Salah satu proyek yang mendapat perhatian adalah Pengembangan Green Area dan Eco-City di wilayah PIK 2 di Provinsi Banten.

Proyek ini, dengan luas sekitar 1.756 Ha, bertujuan untuk menciptakan destinasi pariwisata baru yang ramah lingkungan dengan nama "Tropical Coastland".

Kawasan ini juga akan menawarkan Kawasan Wisata Mangrove sebagai upaya pengamanan pesisir secara alami.

Baca Juga: Pentes Jepang Ngotot Mau Bangun Tol Terowongan di Sumbar, Proyek Jalan Tol Padang Pekanbaru Ternyata Banyak Menyimpan Harta Karun?

Dengan investasi sekitar Rp65 triliun, diharapkan proyek ini dapat memberikan manfaat ekonomi signifikan dengan menyerap ribuan tenaga kerja.

Di sisi lain, Pemerintah juga menetapkan Pengembangan Kawasan Terpadu Bumi Serpong Damai (BSD) sebagai PSN baru.

Dengan investasi mencapai Rp18,54 triliun, proyek ini akan mengembangkan wilayah seluas 59,6 Ha di kawasan BSD City.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat