bdadinfo.com

Belum Lama Rampung Kalimantan Timur! Konstruksi Proyek Jembatan Terpanjang Koneksikan Desa Ke Kecamatan Sekaligus Pangkas Jarak Tempuh, Awet 50 Tahun? - News

Jembatan Sei Tampakan, Kaltim (Freepik)

- Belum lama dinyatakan rampung proyek Jembatan baru dan terpanjang di Kalimantan Timur

Pembangunan infrastruktur dari Kerang menuju Tanjung Aru tidak hanya terbatas pada peningkatan kualitas jalan, namun juga jembatan.

Salah satu jembatan yang diperbaiki dengan total merupakan Jembatan Sei Tampakan di Kecamatan Batu Engau.

Baca Juga: Nadiem Makarim Hapus Aturan Pramuka dari Ekstrakulikuler Wajib di Sekolah, Netizen Nostalgia: Tak Ada Lagi Ancaman Gak Naik Kelas

Diketahui kondisi jembatan saat ini ialah jembatan kayu yang kapasitasnya terbatas untuk kendaraan yang mengangkut alat berat.

Mengangkut alat berat yang dipastikan tidak dapat melintas di atas jembatan kayu itu karena kelebihan berat.

Akibatnya, kendaraan jenis ini harus melewati sungai di samping Jembatan Sei Tampakan. 

Baca Juga: Nadiem Makarim Cabut Status Pramuka sebagai ekstrakurikuler Wajib: Transformasi Ekstrakurikuler dalam Kerangka Kurikulum Merdeka

Sebelumnya jembatan kayu itu sudah tua dan mudah rentan dan rusak, jika jembatan ini putus, maka dipastikan akses darat ke 9 desa di 2 kecamatan akan terputus pula. 

Terdapat 9 desa di 2 kecamatan tersebut yakni Desa Mengkudu, Lomu, Riwang, Pengguren Jaya, Segendang dan Keladen di Kecamatan Batu Engau dan Random. 

Senipah serta Tanjung Aru di Kecamatan Tanjung Harapan namun saat ini pekerjaan sudah dimulai persis di lokasi jembatan lama sebagaimana dikutip dari humas.paserkab.go.id.

Baca Juga: Kabupaten Kediri Siap Bangkit! Pembangunan Jembatan Terpanjang, Demi Jalur Akses Alternatif Menuju Bandara Internasional Dhoho Tapi...

Sebagian material sudah di lokasi jadi jembatan kayu ditutup dan arus lalu lintas dialihkan dengan membuat jalan sementara di sebelah jembatan.

Pembangunan jembatan yang memerlukan biaya 4,876 miliar rupiah dengan waktu pelaksanaan 147 hari kalender atau selesai sebelum akhir 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat