bdadinfo.com

Ruas Jalan Tol Batang - Semarang Miliki Jembatan Terpanjang dan Pertama di Tol Trans Jawa, Sekaligus Ikon Megah: Lokasinya Tak Jauh Dari Jawa Timur - News

Jembatan Kali Kuto, Jatim (Freepik)

- Pembangunan Jembatan terpanjang dan pertama di Jawa Timur inilah telah menjadi ikon megah di ruas Jalan Tol Batang - Semarang. 

Jembatan Kali Kuto yang merupakan salah satu ikon di Jalan Tol Trans Jawa menjadi kenangan selama perjalanan bagi para pengendara yang melewati jembatan ini.

Bentuk melengkungnya yang menjadi ikonik dan daya tarik dari jembatan berwarna merah menyala tersebut.

Baca Juga: Peluang Timnas Indonesia Lolos Perempat Final Meski Imbang Melawan Yordania

Dengan Jembatan Kali Kuto adalah jembatan pertama di Indonesia yang strukturnya dirakit secara langsung pada lokasi pemasangan. 

Dibangun dengan teknik yang hampir sama dengan Jembatan Youtefa yang berlokasi di Papua. 

Jembatan Kalikuto ini juga dirancang tidak hanya kokoh secara struktur melainkan estetik dan artistik sehingga indah dilihat.

Baca Juga: Bakal Bantu Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Bogor, Pembangunan Akses Tol BORR dari Kawasan OCBD Masuki Tahap Akhir

Metode yang digunakan dalam pembangunan jembatan ialah “Lowering System”, sistem tersebut merupakan sistem yang sangat efektif sebagai pioneering jembatan di Indonesia. 

Pasalnya Metode Lowering System yang membutuhkan pondasi terpisah dan on schecule. 

Keunggulan dengan menggunakan metode ini yaitu tidak mengganggu sungai, pengerjaan lebih cepat dan lantaran tidak membuat pondasi bawah untuk tower seperti pada umumnya. 

Baca Juga: Menilik Terowongan Juliana, Jowo Anwar Bongkar Ngerinya Lokasi Syuting Film Siksa Kubur Peninggalan Belanda: Isinya...

Pemasangan Jembatan Kali Kuto setiap bagiannya dilakukan secara bertahap mulai dari segmen 1 hingga segmen ke-12. 

Tentunya Jembatan Kalikuto menjadi salah satu jembatan di Pulau Jawa yang memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat