bdadinfo.com

Jokowi Ungkap Rahasia Proyek Megah, Bendungan Super dengan Anggaran Triliunan Rupiah Siap Menjadi Terobosan Akhir Tahun 2024! - News

Bendungan Super dengan Anggaran Triliunan Rupiah Siap Menjadi Terobosan

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melaksanakan tinjauan langsung terhadap pembangunan Bendungan Bulango Ulu di Provinsi Gorontalo.

Proyek megah ini ditargetkan selesai pada akhir tahun ini setelah dimulai sejak tahun 2019.

Baca Juga: Soal Uji Pemahaman Bab 4 dan Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 100 Kurikulum Merdeka: Peran Indonesia dalam Lembaga Internasional

Dalam kunjungannya, Jokowi membagikan potongan video melalui akun Instagram resmi @jokowi, menampilkan antusiasme terhadap kemajuan proyek tersebut.

"Bendungan ini masih dalam proses pembangunan dan akan selesai akhir tahun ini dengan anggaran Rp 2,4 triliun. Sudah dikerjakan sejak 2019," ungkap Jokowi dalam video yang dia bagikan, Senin, 22 Aprli 2024.

Bendungan Bulango Ulu terletak di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Dengan kapasitas tampung air mencapai 84,1 juta meter kubik dan luas genangan hingga 483,05 hektare.

Baca Juga: Ruang Komunitas Digital Nagari Sago Salido Pesisir Selatan Adakan Berbagai Pelatihan untuk Masyarakat

bendungan ini menjanjikan manfaat yang signifikan bagi wilayah sekitarnya.

"Bendungan Bulango Ulu ini memiliki luas genangan 483 hektare, dengan kapasitas tampung besar 84 juta, besar sekali," kata Jokowi.

Selain dimensi fisik yang besar, bendungan ini juga dirancang untuk memberikan manfaat ganda sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik.

Baca Juga: Usai Pemprov Sumbar Dapat Rp478 Miliar dari Pusat, Proyek Pembangunan dan Perbaikan Jalan di Sumatera Barat Langsung Muncul: ini Daftarnya!

Luas lahan irigasi yang akan tersedia mencapai 4.950 hektare, sementara potensi pembangkit listrik tenaga mikrohidro mencapai 4,96 megawatt.

Tidak hanya itu, Bendungan Bulango Ulu juga diharapkan dapat mengurangi risiko banjir di sekitarnya hingga mencakup area seluas 629 hektare, sambil menyediakan sumber air baku dengan kapasitas 2,2 meter kubik per detik.

Baca Juga: HKBN 2024, Kota Padang Kuatkan Fase Pra Bencana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat