bdadinfo.com

Telah Beroperasi Sepanjang 884,5 KM, Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Berhasil Tuntaskan Belasan Ruas di 2024: Berikut Rinciannya  - News

 Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Berhasil Tuntaskan Belasan Ruas di 2024: Berikut Rinciannya  (bpjt.pu.go.id)

Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus diupayakan penyelesaiannya.

Saat ini di tahun 2024, sepanjang 884,5 Km JTTS telah beroperasi dengan berhasil menuntaskan belasan ruasnya yang tersebar dari Provinsi Lampung hingga Aceh.

JTTS sendiri merupakan jaringan jalan tol sepanjang 2.818 km di Indonesia. Jalan tol ini rencananya dapat menghubungkan kota-kota di pulau Sumatera.

Baca Juga: Lengkapi Jaringan Jalan Tol di Sulawesi Selatan, Akses Tol Makassar New Port Habiskan Rp705 Miliar: Percepat Laju Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Timur 

Tepatnya dari Lampung hingga Aceh, sehingga menjadi jalur nadi untuk Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra dan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Merak.

Sebagai informasi, Sumatera merupakan pulau terbesar kedua di Nusantara.

Dengan populasi lebih dari 55 juta jiwa sehingga Sumatera memiliki peran penting dalam perekonomian negara.

Baca Juga: Terkait Lahan yang Kena Imbas Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik, Camat dan Lurah Ditanya Soal Adanya Penolakan: Begini Respon Warga Sumbar 

Pulau Sumatera juga memiliki potensi alam dan komoditas yang berlimpah.

Mulai dari karet, minyak kelapa sawit, kopi, minyak bumi, batu bara, dan gas alam yang terbukti pada tahun 2015 Sumatera berhasil menyumbang 22,21 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), angka tersebut merupakan yang terbesar kedua setelah Pulau Jawa.

Baca Juga: Demi Wujudkan Flyover Sitinjau Lauik, Sumbar Undang Pihak-pihak Terkait: Progres Pembangunannya Positif? 

Oleh karena itu, kemajuan dan keberlanjutan perekonomian Sumatera sangat penting untuk memastikan stabilitas dan pertumbuhan di kawasan tersebut.

Di mana dikhawatirkan apabila pertumbuhan Pulau Sumatera tersebut terhenti, maka akan mengakibatkan perkembangan di daerah sekitarnya menjadi ikut terhambat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat