bdadinfo.com

Sumatera Barat Menang Banyak! PT Medco Geothermal Sumatera Bakal Serius Eksplorasi Potensi Panas Bumi di Pasaman, Bupati Sabar AS Dukung Investasi - News

Sumatera Utara Jadi Salah Satu Permata Panas Bumi (ilustrasi) (Freepik.com/@Fanjianhua)

- Bupati Pasaman, Sabar AS, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PT Medco Geothermal Sumatera (MGSu) atas dedikasi dan komitmen yang ditunjukkan dalam eksplorasi potensi panas bumi di Bonjol, Kabupaten Pasaman.

Dalam sebuah pertemuan lanjutan rencana investasi panas bumi di Kantor Camat Bonjol pada Jumat, 3 Mei 2024, Bupati Sabar mengapresiasi upaya PT MGSu yang telah melakukan pekerjaan pendahuluan dan eksplorasi serta membangun akses jalan menuju lokasi eksplorasi.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Menteri Basuki Resmikan Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Barat, Intip Titik Lokasi Ruas Rekontruksi Senilai Rp81,8 miliar!

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pasaman turut hadir, bersama anggota DPRD Pasaman, unsur Forkopimca Bonjol, wali nagari se-Bonjol, ketua KAN se-Bonjol, ketua karang taruna se-Bonjol, ninik mamak, pemuka masyarakat Nagari Ganggo Mudiak, dan perwakilan dari PT MGSu.

Bupati Sabar menegaskan bahwa keseriusan PT MGSu dalam melakukan eksplorasi terlihat dari sejumlah tindakan konkret yang dilakukan, termasuk pembangunan infrastruktur akses seperti jalan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Baca Juga: Ketua PERNEFRI Sumbar, Riau dan Kepri Berikan Edukasi Hipertensi di Solsel

Namun, ia juga meminta PT MGSu untuk memaparkan langkah-langkah yang telah dilakukan serta rencana ke depan terkait kegiatan pendahuluan dan eksplorasi tersebut.

PT MGSu, yang ditunjuk oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM RI) untuk melakukan pekerjaan awal dan eksplorasi potensi panas bumi di Pasaman, diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai potensi energi panas bumi di wilayah tersebut.

Dari eksplorasi ini diharapkan dapat ditentukan apakah potensi panas bumi yang ada layak untuk dikembangkan sebagai sumber energi alternatif.

Baca Juga: Subuh Mubarakah di Masjid Raya Pasa Gadang Kota Padang, Fadly Amran: Silaturahmi Adalah Pembuka Pintu Rezeki

Bupati Sabar juga menyampaikan rencana eksplorasi tambang panas bumi di Bonjol pada tahun ini, yang diharapkan dapat berjalan lancar.

Upaya menarik investasi ke Pasaman menjadi salah satu strategi untuk mempercepat pembangunan di berbagai sektor.

Dengan masuknya investasi, akan terbuka peluang lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat, serta memberikan dorongan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Pasaman.

Baca Juga: Ketersediaan Sumber Air Terjamin, Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat Resmi Beroperasi!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat