bdadinfo.com

Presiden Jokowi dan Menteri Basuki Resmikan Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Barat, Intip Titik Lokasi Ruas Rekontruksi Senilai Rp81,8 miliar! - News

Presiden Jokowi dan Menteri Basuki Resmikan Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Barat (Freepik)

- Pada Selasa, 23 April 2024, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meresmikan perbaikan tiga ruas jalan sepanjang 22,4 km di Provinsi Sulawesi Barat.

Peresmian ini merupakan bagian dari upaya rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas umum pascabencana di wilayah tersebut.

Baca Juga: Halal Bihalal IKPS, Fadly Amran Ajak Bangkitkan Organisasi Demi Pembangunan Sumbar

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini saya resmikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana di Sulawesi Barat dan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) tahun 2023 di Sulawesi Barat," kata Presiden Jokowi.

Menteri Basuki menjelaskan bahwa pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Pada tahun anggaran 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Sumatera Barat Surganya Bagi Pemburu Harta Karun, Emasnya Takkan Habis Ditelan Zaman Sampai Orang Tiongkok Turun Gunung ke Sungai Batanghari

"Tujuan pelaksanaan IJD utamanya untuk peningkatan konektivitas serta meningkatkan kemantapan jalan daerah, guna memperlancar arus logistik, serta akses ke pusat-pusat produksi," kata Menteri Basuki.

Pelaksanaan IJD di Provinsi Sulawesi Barat melibatkan tiga ruas jalan sepanjang 22,4 km dengan biaya total Rp81,8 miliar, yang tersebar di tiga kabupaten. Ruas jalan tersebut meliputi:

1. Ruas Trans Sulawesi – Baras – Kapaha – Balanti – Motu di Kabupaten Pasangkayu, sepanjang 9,4 km dengan biaya Rp24,4 miliar.

Baca Juga: Langkah Tegas Pemprov Sumatera Barat: Plang Penghentian Tambang Galian C di Solok untuk Lindungi Jalan Nasional

2. Ruas Salubatu - Bonehau di Kabupaten Mamuju, sepanjang 10 km dengan biaya Rp35,2 miliar.

3. Ruas Tabone - Nosu di Kabupaten Mamasa, sepanjang 3,0 km dengan biaya Rp22,2 miliar.

Rudi, Kepala Desa Buttuada Dusun Pelosian Kabupaten Mamuju, menyambut baik perbaikan jalan di wilayahnya karena dapat mempercepat waktu tempuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat