bdadinfo.com

Armada Militer Baru! Kementerian Pertahanan Perkuat Wilayah Udara Indonesia dengan Pesawat Hercules dari Amerika Serikat - News

Unit C-130J-30 Super Hercules yang Tiba di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta

- Dalam rangka memperkuat Angkatan Udara (AU) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kementerian Pertahanan baru saja mendatangkan lima unit pesawat C-130J-30 Super Hercules.

Pesawat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1342 ini merupakan pesawat dengan tipe unit pesawat angkut militer produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Pada hari Kamis 15 Mei 2024 kemarin, lima unit pesawat C-130J-30 Super Hercules dengan rute penerbangan Marietta - San Diego - Honolulu - Marshal Island - Guam - Lapangan Udara Halim Perdanakusuma sampai dengan baik di Apron Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Baca Juga: Terjepit! Akibat Serbuan Sepatu Impor Cina, Pabrik Sepatu Bata Terancam Bangkrut

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau), Marsekal Madya TNI, Andyawan Martono Putra dengan beberapa jajaran terkait menyambut dan langsung menginspeksi untuk memastikan lima unit pesawat Super Hercules sampai dengan kondisi yang sempurna.

Ketika tiba dan mendarat dengan baik di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pesawat Super Hercules langsung melaksanakan tradisi water salute sebagai tanda ucapan selamat datang di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, kemhan.go.id menyampaikan jika C-130J-30 Super Hercules ini merupakan pesawat terakhir yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan RI dalam rangka memperkuat TNI AU.

Baca Juga: Terjepit! Akibat Serbuan Sepatu Impor Cina, Pabrik Sepatu Bata Terancam Bangkrut

Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan juga menambahkan jika keempat pesawat lainnya telah tiba secara berurutan pada bulan Maret, Juni, Agustus 2023, Januari 2024, dan ditutup dengan kedatangan unit terakhir pada Mei 2024.

Kelima unit C-130J-30 Super Hercules ini mendapatkan tugas untuk memperkuat Skuadron Udara 31 Wing I, Lapangan Udara, Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Sebagai tambahan informasi, sampai sejauh ini pesawat Hercules C-130J-20 masih menjadi andalan untuk sektor transportasi Udara TNI AU, terutama sebagai alat angkut pasukan dan logistik.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Terkait Banjir Versimu, Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 204 Subtema 4 Pembelajaran 6

Selain itu, pesawat Hercules C-130J-20 ini memiliki kapasitas yang besar, dengan rincian bisa mengangkut 120 prajurit langsung dan memiliki kapasitas muatan logistik sebesar 20 ton.

Hal itu akan menjadi efektif untuk kebutuhan sektor Angkatan Udara Indonesia karena memang memiliki wilayah udara yang besar.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat