bdadinfo.com

Susah Payah Ditangani! Akhirnya Jawa Timur Baru Diresmikan Miliki Mega Pembangunan Bendungan Terpanjang ke 2 di Indonesia Plus Multifungsi - News

Bendungan Megah Pertama Jatim (Unplash )

- Digadang jadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara yang telah dinyatakan rampung terletak di Jawa Timur dapat berfungsi dengan baik. 

Anggota DPRD Jawa Timur, Imam Makruf menyatakan, beroperasinya bendungan Semantok di Nganjuk diharapkan dapat perkuat ketahanan pangan di Jatim. 

Memperkuat ketahanan pangan di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Nganjuk yang digadang menjadi bendungan terpanjang se Asia Tenggara.

Baca Juga: TKW Cantik Indonesia Banyak Kawin Kontrak Jadi Istri Muda Simpanan Babah Arab yang Tajir Melintir Demi Memenuhi Segala Kebutuhan Jasman dan Rohaninya

"Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah salah satu Program Strategis Nasional (PSN),”

“Bendungan dibangun sebagai upaya pemerintah dalam memperkuat ketahanan air dan pangan di Kabupaten Nganjuk," ucap politisi Gerindra pada selasa 20 Desember 2022. 

Adanya bendungan tersebut ke depan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Nganjuk dan sekitarnya.

Baca Juga: Indonesia Masuki Kebangkitan Kedua, Teknologi Mendorong Perubahan

" Pertumbuhan ekonomi masyarakat Nganjuk bisa naik dan tentunya akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat Nganjuk," tandas makruf.

Imam Makruf selanjutnya menerangkan, sejumlah keuntungan dibangunnya bendungan Semantok tersebut antara lain mereduksi risiko banjir.

Mereduksi banjir sebesar 137 meter kubik per detik pada wilayah hilir yang dialiri sungai Semantok saat musim hujan. 

Baca Juga: Persiapkan Kunjungan Presiden Jokowi ke Agam Tim Gabungan Prioritaskan Jembatan Darurat dan Normalisasi Sungai

Selain itu juga dapat berfungsi sebagai upaya pemeliharaan sungai di wilayah hilir bendungan sebesar 30 liter per detik. 

Dalam upaya meningkatkan produksi pertanian di wilayah Jawa Timur, bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 32,67 juta meter kubik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat