bdadinfo.com

Kejutan 2024! Kalimantan Selatan Gak Mau Dikalahkan, Ampuh Kendalikan Banjir Rela Bangun Proyek Bendungan Terpanjang dan Kawasan Hutan - News

Bendungan Megah dan Baru Kalsel (Pexels)

- Kejutan pada tahun 2024 telah dilaksanakan oleh Jokowi di Kalimantan Selatan baru dimulai kontruksi Bendungan Terpanjang.

Bendungan Riam Kiwa yang berlokasi di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan 

Kepala Satker Bendungan Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Selo Kahar mengatakan, saat ini bendungan Riam Kiwa dalam tahap.

Baca Juga: Pemko Padang Peringati Harkitnas, Andree Algamar: Mari Bersama Wujudkan Indonesia Emas!

Tahap persiapan lelang di Ditjen Bina Konstruksi melalui Pokja Khususnya mempertimbangkan skala dan nilai pekerjaan.

“Harapan kami bisa cepat berperoses. Sehingga setelah selesai lelang nanti bisa langsung dikerjakan pembangunan fisik,”

“ujar pada rapat tindak lanjut pembangunan bendungan Riam Kiwa di Ruangan Aberani Sulaiman Setda Kalsel, Banjarbaru pada Rabu 1 Februari 2023. 

Baca Juga: Dirut PLN Tinjau Posko Utama Kelistrikan KTT WWF, Pastikan Seluruh Sistem Kelistrikan di Bali Andal

Kementerian PUPR telah menyampaikan bahwa persyaratan kualifikasi yang digunakan untuk proses lelang kepada CEXIM Bank (Lender atau Pemberi Pinjaman). 

(Lender atau Pemberi Pinjaman) untuk kemudian diterbitkan persetujuan dan shortlist serta dimulainya proses lelang. 

Namun saat ini, kebutuhan laham Bendungan Riam Kiwa seluas 765,70 ha pada kawasan hutan telah diproses melalui PK RTRW Provinsi Kalsel.

Baca Juga: Mengelompokkan Segi Empat dengan Cara Farida dan Yosef, Kunci Jawaban Matematika Kelas 2 Halaman 74 Kurikulum Merdeka

Selain itu, soal Kebutuhan lahan bendungan Riam Kiwa seluas 5,81 hektare pada kawasan Area Penggunaan Lain (APL) telah diproses.

Diketahui saat ini, pada tahap kegiatan Identifikasi dan inventarisasi oleh Satgas A & B Kantor Pertanahan/BPN Kabupaten Banjar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat